Kubu Ilham Arief Optimistis Menangkan Gugatan Praperadilan

Deny Irwanto    •    12 Mei 2015 12:04 WIB
praperadilan
Kubu Ilham Arief Optimistis Menangkan Gugatan Praperadilan
Ilustrasi Sidang Praperadilan --MI/Barry Fatahillah

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim kuasa hukum mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin optimistis gugatan praperadilannya dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Sebab, hakim PN Jaksel akan memutuskan perkara tersebut, Selasa (12/5/2015) hari ini.

"Kami cukup optimistis, namun tidak ingin mendahului putusan hakim," kata salah seorang kuasa hukum Ilham Arief Sirajuddin, Deny Hariyatna saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Selasa siang.

Deny mengatakan, optimisme itu muncul lantaran saksi dari Ilham dan KPK memberi keterangan yang lebih menguatkan landasan gugatan Ilham.

"Bahkan keterangan-keterangan ahli sangat signifikan bahwa KPK secara tidak sah menetapkan klien kami sebagai tersangka," sebut dia.

Karena itu, Deny menegaskan, keterangan ahli dan beberapa bukti fakta yang telah diajukan pada hakim tunggal Yuningtyas Upiek menjelaskan penetapan tersangka terhadap kliennya salah.

"Fakta dan keterangan ahli telah membuktikan bahwa klien kami ditetapkan dengan alat bukti yang tidak sah, klien kami ditetapkan sebagai tersangka bukan dari hasil penyidikan," tegas dia.

Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan tersangka oleh KPK sejak sekitar setahun lalu, yaitu pada 7 Mei 2014. Arief diduga korupsi kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012.

Lantaran merasa tak pernah diperiksa, Ilham menggugat. Gugatan dilayangkan setelah PN Jaksel sebelumnya mengabulkan gugatan prapreradilan dari Komjen Pol Budi Gunawan. Belakangan, PN Jaksel memutus penetapan tersangka terhadap Budi Gunawan tidak sah.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /