Jadwal Sidang Praperadilan BW Belum Ditentukan

Deny Irwanto    •    12 Mei 2015 13:03 WIB
praperadilan
Jadwal Sidang Praperadilan BW Belum Ditentukan
Bambang Widjojanto---MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua KPK non-aktifkan Bambang Widjojanto (BW) telah mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan dirinya sebagai tersangka ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis 7 Mei. Namun, PN Jaksel belum menentukan jadwal dan hakim yang akan mengadili praperadilan tersebut.

"Belum turun berkasnya," kata salah satu petugas administrasi saat dikonfirmasi di Pengadilan Negeri Jakarta Sel‎atan, Jalan Ampera Raya, Selasa (12/5/2015).

Setelah berkas permohonan diterima, Ketua Pengadilan Jakarta Selatan Haswandi yang akan menunjuk hakim untuk ‎mengadili praperadilan. Namun, Haswandi belum memutuskan hal tersebut.‎

BW menggugat penetapan tersangka terhadap dirinya berbekal putusan Mahkamah Konstitusi (MK). BW siap membuktikan penetapan tersangka oleh Bareskrim tidak sah.

Kuasa hukum BW, Ahmad Fickar Hajar, mengatakan BW menggugat Kabareskrim dan Kapolri terkait penetapan tersangka. "Jadi dua pihak itu akan dimohonkan praperadilan," kata Fickar dalam konferensi pers di halaman Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu 10 Mei.

Ahmad Fickar mengatakan, substansi dalam praperadilan yang dilayangkan yakni terkait penetapan BW sebagai tersangka, penangkapan dan juga penggeledahan yang dilakukan Bareskrim Polri.

Praperadilan yang diajukan, kata Fickar, mengacu pada putusan MK yang menyatakan pemeriksaan terhadap sah tidaknya penetapan sebagai tersangka masuk ke ranah praperadilan.

"Karena itu bagian dari upaya paksa yang penetapannya akan menyandera seseorang dengan status tersangka dan tidak diketahui sampai kapan. Enggak ada batas waktu yang pasti seorang tersangka itu diakhiri kecuali orang yang ditetapkan itu ditahan," terangnya.

Menurut Fickar, praperadilan yang didaftarkan juga karena rekomendasi dari hasil pemeriksaan Komnas HAM dan Ombudsman yang menilai ada pelanggaran HAM atas penetapan tersangka BW.

"Paling tidak ada penggunaan kekuasaan yang berlebihan dan secara pelayanan publik kepolisian tidak melakukan fungsi sebagaimana mestinya yang ditentukan Undang-undang," tandasnya.


(TII)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /