Asippindo: Lembaga Penjaminan Solusi Perluas Akses Kredit UMKM

Antara    •    12 Mei 2015 13:32 WIB
umkm
Asippindo: Lembaga Penjaminan Solusi Perluas Akses Kredit UMKM
Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) Diding S Anwar (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) menilai, lembaga penjaminan dapat menjadi solusi dalam upaya memperluas akses kredit bagi pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) yang jumlahnya sangat besar dan dipandang berisiko oleh perbankan.

"Penjaminan sangat membantu mereka yang memiliki usaha produktif layak dan prospektif secara ekonomi (feasible) tapi belum layak kredit (unbankable) atau memiliki kendala dari sisi pemenuhan agunan," ujar Ketua Umum Asippindo Diding S Anwar, di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Diding menuturkan, pihaknya sendiri berupaya memperluas akses kredit bagi UMKM dan koperasi melalui perannya dengan memberikan jaminan terhadap debitur maupun pihak ketiga, baik bersifat kebendaan (hipotek, hak tanggungan, fidusia, gadai) maupun nonkebendaan (personal/corporate guarantee) guna menjamin pembayaran kredit apabila debitur wanprestasi terhadap perjanjian kredit.

Bagi perbankan, lanjut Diding, peran penjaminan tersebut sangat penting untuk mendukung pengucuran kredit dengan alokasi secara bertahap hingga minimum 20 persen pada 2018 sebagaimana diinstruksikan oleh regulator.

"Pemberdayaan pelaku UMKM sangat penting karena kontribusinya terhadap perekonomian sangat besar, mulai dari kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mencapai 57,12 persen hingga penyerapan tenaga kerja yang mencapai 97,3 persen dari total tenaga kerja," kata Diding.

Pemerintah pun sudah memiliki payung hukum untuk mendorong pengembangan UMKM diantaranya melalui UU No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), Peraturan Presiden No 98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil, dan Permendagri No 83 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /