Kemendag: Pengukuran IKK untuk Menilai Kesadaran Konsumen

Husen Miftahudin    •    12 Mei 2015 14:46 WIB
hari konsumen nasional
Kemendag: Pengukuran IKK untuk Menilai Kesadaran Konsumen
Pengukuran IKK untuk Menilai Kesadaran Konsumen. MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan pengukuran Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) di beberapa kota besar Indonesia terkait dengan tingkat kesadaran konsumen terhadap hak dan kewajibannya.

Dalam Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2015 yang bertepatan pada hari ini 12 Mei, Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengatakan ukuran IKK ini meliputi tingkat sadar, paham, mampu, kritis, dan berdaya.

"Keberdayaan konsumen Indonesia saat ini baru pada tingkat paham, yaitu memahami hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Untuk itu perlu didorong agar mencapai tingkat mampu hingga lima tahun mendatang," kata Rachmat, saat membuka Hari Konsumen Nasional, di Silang Barat Monas, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Menurutnya, untuk meningkatkan IKK dari 'paham' menjadi 'mampu' dalam lima tahun ke depan, masyarakat Indonesia harus mampu mengutamakan produk buatan dalam negeri dibanding luar negeri, lalu mampu menentukan produk yang berkualitas, serta mampu memperjuangkan haknya.

Dengan demikian, dia melanjutkan, pelaku usaha juga akan terpacu untuk menjaga kualitas dan memberikan pelayanan prima. "Untuk itu pemerintah akan terus meningkatkan edukasi dan membangun kesadaran konsumen, serta pembinaan kepada pelaku usaha," ucapnya.

Kemudian, untuk kemampuan IKK ini menurut Rachmat, tidak hanya menguntungkan masyarakat Indonesia. "Kemampuan ini tidak hanya menguntungkan masyarakat sebagai konsumen, tetapi juga akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional yang 60 persen disumbang dari konsumsi di dalam negeri,” kata Rachmat.

Sekadar informasi, IKK adalah instrumen untuk mengukur kesadaran dan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, serta kemampuannya dalam berinteraksi dengan pasar.


(WID)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /