Terkait Cyber Crime WN Tiongkok, Polri Akan Koordinasi dengan Polisi Tiongkok

Aedy azeza ulfi    •    12 Mei 2015 14:55 WIB
wna
Terkait Cyber Crime WN Tiongkok, Polri Akan Koordinasi dengan Polisi Tiongkok
30 warga Tiongkok dibekuk polisi--Metrotvnews.com/Aedy Azeza Ulfi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 30 warga Tiongkok yang terdiri dari 4 perempuan dan 26 laki-laki dibekuk Polda Metro Jaya, Selasa dini hari (12/5/2015). Mereka dibekuk terkait operasi penipuan kartu kredit di Tiongkok, yang kantor operasi pusatnya berlokasi di Jakarta Utara.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Heru Pranoto mengatakan, Polri akan berkoodinasi dengan polisi Tiongkok terkait hal ini.

"Karena korbannya warga Tiongkok, kita akan koordinasikan antarpolisi dengan polisi di sana (Tiongkok) apakah banyak korban di sana dan totalnya," papar Heru, Selasa (12/5/2015).

Pihak kepolisian juga berkoordinasi dengan lembaga imigrasi untuk proses penyelidikan keimigrasian. Pasalnya, ditemukan beberapa paspor berlaku 5 tahun dan visa pelaku yang masih aktif selama 1 bulan ke depan.
"Dibilang legal atau tidak, nanti tergantung keimigrasian," katanya.

Modus operasi mereka, kata Heru, masuk indikasi Cyber Crime, penipuan dengan gunakan kartu kredit. "Modus operasi, mereka telepon korban dengan mengaku sebagai polisi dan minta kirim sejumlah uang, atau jika sudah ada nomor kartu dari Tiongkok, mereka mengolah data supaya pemegang kartu seolah lakukan transaksi jual beli" jelasnya.

Sanksi terhadap penipuan ini masih perlu didalami kepolisian karena berkaitan dengan keimigrasian. Barang bukti yang disita, pesawat telepon, kartu kredit, tab, printer, pas foto, dompet, handphone, laptop, kalkulator, kertas struk, mesin gesek atm, modem, CPU, kabel, sejumlah dokumen, flash disk, pasport, dan alat perekam.


(YDH)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

10 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /