KPK Kembali Periksa Adik Nazaruddin

Yogi Bayu Aji    •    12 Mei 2015 15:05 WIB
nazaruddin
KPK Kembali Periksa Adik Nazaruddin
Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha (MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak henti menelisik dugaan korupsi yang berkaitan dengan mantan anggota DPR Muhammad Nazaruddin. KPK memanggil Muhammad Nasir yang diketahui adik Nazar dalam penyidikan dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) Rumah Sakit Khusus Pendidikan Infeksi dan Pariwisata di Universitas Udayana tahun anggaran 2009.

"Yang bersangkutan akan dimintai keterangan untuk tersangka MRS (Direktur PT Mahkota Negara Marisi Matondang)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/5/2015).

Selain Nasir, KPK juga memanggil mantan karyawati Grup Anugrah atau Permai Grup Elvi Syafitri. Bekas anak buah Nazar itu diperiksa untuk terangka Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Udayana, Made Meregawa (MDM).

Nasir sudah berulang kali dipanggil KPK, di antaranya 30 Desember 2014 dan Kamis 7 Mei. Dia diperiksa dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Nazaruddin. Sementara, Elvi diperiksa pada 5, 8, dan 19 Desember dalam kasus Alkes Udayan.

Diduga, kedua saksi itu mengetahui bagaimana sepak terjang Nazar dalam mendapatkan proyek tersebut. Proyek pengadaan ini dimenangkan PT Mahkota Negara yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Permai Grup kepunyaan Nazaruddin.

Kendati demikian, Priharsa belum bisa memastikan soal materi pemeriksaan kepada keduanya hari ini. "Nanti diperiksa dulu ke penyidiknya,"  kata Priharsa singkat.

Proyek pengadaan alat kesehatan di Universitas Udayana ini menelan biaya sebesar Rp16 miliar. Namun, KPK menduga kuat proyek ini merugikan negara sebesar Rp7 miliar.

Alhasil, kedua tersangka MRS dan MDM dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto pasal 55 ayat 1 KUHP.


(TII)

Putus Kontrak, Dani Alves Isyaratkan Reuni dengan Guardiola
Bursa Transfer Pemain

Putus Kontrak, Dani Alves Isyaratkan Reuni dengan Guardiola

26 minutes Ago

Dani Alves mengisyaratkan kemungkinan bereuni dengan Josep 'Pep' Guardiola di Mancheste…

BERITA LAINNYA
Video /