RTH Minim, DKI Diminta Terapkan Pajak Lingkungan

Wanda Indana    •    12 Mei 2015 15:13 WIB
ruang terbuka hijau
RTH Minim, DKI Diminta Terapkan Pajak Lingkungan
Ruang Terbuka Hijau Jakarta. (Foto: Antara/Sigit Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ruang Terbuka Hijau yang ada di Jakarta hingga kini masih di bawah 10%. Padahal Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) mengamanatkan RTH Ibu Kota 2030 mencapai 30 persen dari luas wilayah.  Sulitnya pembebasan lahan menjadi kendala utama penambahan RTH.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, idealnya Jakarta memiliki 15 persen RTH dari total wilayah. RTH berfungsi menjaga kualitas udara kota yang setiap hari dicemari oleh asap kendaraan.
 
"Kami berusaha membeli tanah sebanyak-banyaknya, itu salah satu prioritas kita untuk menambah RTH. Memang masih minim. Baru 9 koma sekian," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2015).
 
Mantan Wali Kota Blitar itu mengungkapkan, pihaknya mengalami sejumlah kendala untuk membangun RTH. Salah satunya, harga tanah di Jakarta yang sangat mahal. Selain itu, administrasi kepemilikan tanah sangat rumit.
 
Pengamat Lingkungan Hidup Universitas Indonesia, Tarsoen Waryono mengatakan, RTH berperanan menurunkan emisi gas rumah kaca akibat polutan yang melebihi ambang batas yang ditetapkan, tingginya tingkat kebisingan dan  suhu udara mengganggu kehidupan sosial masyarakat.
 
Dia mengungkapkan, jika kendala RTH karena mahalnya lahan di Jakarta, dirinya menganjurkan Pemprov DKI menerapkan pajak lingkungan pada kendaraan.  “Jika tiap kendaraan dikenakan pajak lingkungan Rp 10 ribu, tinggal dikalikan saja dengan jumlah kendaraan. Jumlahnya bisa ratusan miliar. Belum lagi ditambah kewajiban industri yang ada di seluruh Jakarta,” ujarnya.
 
Menurutnya, selain mampu menyediakan lahan untuk pembangunan kawasan hijau, peraturan itu menambah Pendapatan Asli Daerah sektor hijau.  Kompensasi itu dinilai wajar, karena kendaraan yang mencemari tidak pernah diwajibkan memberikan konpensasi terhadap lingkungan.
 
Ahok harus berani menindak bangunan yang tidak menyediakan 30 persen RTH dari luas bidang wilayah. Dia mengungkapkan, di DKI Jakarta tercatat ada 9 ribu hektar bangunan, jika  kewajiban RTH 30 persen dipenuhi, maka ada 3 ribu hektar RTH yang bersumber dari bagunan pancang. 
 


(FZN)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

10 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /