Kak Seto Mendongeng di Depan Peserta Festival Dalang Cilik Nasional

Patricia Vicka    •    12 Mei 2015 18:22 WIB
kultur
Kak Seto Mendongeng di Depan Peserta Festival Dalang Cilik Nasional
Peserta Festival Dalang Cilik Nasional 2015 (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Festival Dalang Cilik Nasional 2015.

Festival yang hanya boleh diikuti anak-anak usia SD dan SMP itu bertujuan memperkenalkan budaya asli Indonesia dan nilai-nilainya kepada anak.

"Dalam lakon wayang, banyak terkandung nilai bagus yang patut diteladani, seperti orang yang baik akan selalu menang. Juga banyak paham nasionalisme di dalamnya," tutur penanggung jawab acara, Sadirman AM, kepada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Selasa (12/5/2015).

Salah seorang peserta dalang cilik, Damai, senang mengikuti acara tersebut. Dia ingin mempertontonkan bakatnya melakoni dunia perwayangan.

"Saya membawakan lakon Gatot Kaca Dadi Raja. Sempat grogi tadi waktu membawakan wayang, tapi saya senang diberi kesempatan ini," ujar siswa SMPN 1 Depok Sleman itu.

Festival Dalang Cilik Nasional berlangsung selama lima hari, mulai hari ini, hingga Sabtu, 16 Mei. Ada 22 dalang tingkat SMP dan 25 dalang tingkat SD dari berbagai wilayah di seluruh nusantara yang memperebutkan gelar juara di festival itu.

Selain itu, ada pula pameran wayang nusantara.

Acara dibuka oleh rektor UNY dan dihadiri oleh pemerhati anak Seto Mulyadi alias Kak Seto. Bahkan, Kak Seto sempat mendongeng di depan peserta.


(ROS)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /