KPK Akan Lawan Putusan Praperadilan Eks Walkot Makassar

Yogi Bayu Aji    •    12 Mei 2015 18:51 WIB
praperadilan
KPK Akan Lawan Putusan Praperadilan Eks Walkot Makassar
Johan Budi. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: KPK memastikan akan mengambil langkah hukum terhadap putusan gugatan praperadilan bekas Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Langkah hukum itu akan dibahas di level pimpinan.

"Masih akan dirapimkan dahulu setelah rapat dengan tim biro hukum, baru mengambil langkah langkah hukum," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi, dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (12/5/2015).

Meski menghormati putusan hakim, Johan mengkritik jalannya persidangan. "Pengadilan praperadilan itu tidak bicara materi, kami waktu itu memang tidak menunjukan bukti-bukti secara materiil karena kami anggap praperadilan itu tidak bicara substansi materiil tapi prosedur," jelas dia.

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan praperadilan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Penetapan tersangka Ilham oleh KPK diputuskan tidak sah.

"Menetapkan penetapan tersangka tidak sah, menyatakan tidak sah penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan, tidak sah pemblokiran rekening atas nama pemohon," kata Hakim Tunggal Yuningtyas Upiek di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa sore.

Persidangan dimulai sekitar pukul 14.40 WIB. Dua jam kemudian, sidang selesai. Setelah hakim mengetuk palu, loyalis Ilham meneriakkan takbir. Mereka juga langsung sujud syukur.

Persidangan dengan termohon KPK ini sudah berjalan sejak 4 Mei. Masing-masing pihak telah menghadirkan bukti dan saksi untuk mempertahankan keyakinannya selama persidangan berlangsung.

Ilham Arief Sirajuddin ditetapkan tersangka oleh KPK sejak 7 Mei 2014. Ilham terseret dugaan korupsi dalam proyek kerja sama rehabilitasi kelola dan transfer untuk instalasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar tahun anggaran 2006-2012.

Ini yang kedua kali KPK kalah di praperadilan. Sebelumnya, hakim tunggal Sarpin Rizaldi mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Komjen Budi Gunawan. Status tersangka Budi pun dinyatakan tidak sah.


(KRI)

Dani Alves Resmi Tinggalkan Juventus

Dani Alves Resmi Tinggalkan Juventus

4 hours Ago

Bek asal brasil Dani Alves resmi berpisah dengan Juventus. Alves  pun menyampikan ucapan s…

BERITA LAINNYA
Video /