Pengamat: Sektor Manufaktur Bakal Jadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

Antara    •    12 Mei 2015 19:31 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pengamat: Sektor Manufaktur Bakal Jadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi
Ekonom dari Universitas Atma Jaya A. Prasetyantoko (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Ekonomi dari Universitas Katolik Atmajaya A. Prasetyantoko menyatakan bahwa sektor manufaktur bakal menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa-masa yang akan datang.

"Harga komoditas yang terus turun hanya bisa digantikan oleh (sektor) manufaktur, karena kita tidak bisa ekspor yang lain. Tinggal pemerintah berani atau tidak mengubah lanskap dari ekspor komoditas ke pertumbuhan manufaktur," kata Pras, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atmajaya itu berpendapat ekspor yang menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional kini terus merosot. Tidak hanya itu, faktor eksternal terkait perlambatan ekonomi global juga turut membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia melemah.

"Sayangnya sektor manufaktur tidak berkembang, maka perlu industrialisasi. Dibutuhkan kebijakan yang komprehensif agar sektor ini bisa maju," katanya.

Ia menjelaskan, kendati mendorong pemerintah untuk menyusun strategi industrialisasi, pemerintah masih dinilai tidak punya konsep dalam perkembangan industri nasional. "Industrialisasi itu kompleks karena khususnya untuk sektor manufaktur padat karya, dan daya saing kita masih rendah akibat masalah upah buruh," pungkasnya.


(ABD)

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

Sejumlah Transfer Pemain di Liga Eropa

2 hours Ago

Juventus selangkah lagi mendapatkan striker muda Republik Ceko Patrik Schick dan turut mendapat…

BERITA LAINNYA
Video /