PLTU Cirebon II Dijanjikan Ramah Lingkungan

Sobih AW Adnan    •    12 Mei 2015 22:05 WIB
listrik
PLTU Cirebon II Dijanjikan Ramah Lingkungan
Masyarakat menyaksikan lokasi ledakan PLTU Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/9/2014). Ledakan diduga berasal dari kebocoran pipa gas hingga mengakibatkan ledakan dan kepulan asap. Foto: Antara/Teguh

Metrotvnews.com, Cirebon: Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kembali akan membangun pembangkit listrik tenaga uap tahap kedua. Lokasi PLTU II ini dipastikan tidak jauh dari PLTU tahap pertama. Bedanya, PLTU yang didirikan guna menggenjot pasokan listrik di Jawa tersebut dijanjikan lebih mengedepankan teknologi ramah lingkungan.

“PLTU tahap dua ini akan bisa memenuhi kebutuhan listrik dan ramah lingkungan. Kami juga akan mengantisipasi kejadian yang pernah terjadi di PLTU tahap satu,” kata Wakil Presiden Direktur PT. Cirebon Electric Power (CEP), Heru Dewanto, kepada awak media, di Cirebon, Selasa (12/5/2015).

Menurutnya, PLTU yang diperkirakan memproduksi tenaga listrik sebesar 1000 mega watt ini, akan menggunakan teknologi ultra super critical dengan emisi karbon dioksida lebih dari enam persen.

“Keberadaannya (PLTU) akan memenuhi pasokan listrik di Jawa dan Indonesia, terutama di wilayah III Cirebon,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengaku sudah melakukan peninjauan terhadap rencana pengembangan PLTU tersebut. 

Menurut Nasir, pembangkit lisrik yang menggunakan energi batu bara hasil pengembangan Tiongkok memberikan sumbangan terhadap polusi udara yang cukup besar. Oleh karena itu, pihaknya menekankan bahwa pembangunan pembangkit listrik lebih cocok menggunakan tenaga nuklir. 

“Kami sudah melakukan eksperimen dan pengembangan nuklir. Biaya sangat murah. Dan jika ini bisa diwujudkan, maka biaya listrik akan jauh lebih murah,” paparnya.


(UWA)

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah
Jelang PGS vs Celtic

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah

1 hour Ago

Paris Saint-Germain punya kans lebih besar untuk membantai wakil Skotlandia itu Parc des P…

BERITA LAINNYA
Video /