Samsung Luncurkan Artik, Prosesor Khusus untuk Internet of Things

Insaf Albert Tarigan    •    13 Mei 2015 09:09 WIB
samsung
Samsung Luncurkan Artik, Prosesor Khusus untuk Internet of Things
Samsung Artik terdiri-dari 3 modul untuk Internet of Things.

Metrotvnews.com: Samsung bersiap menghadapi era Internet of Things dengan meluncurkan prosesor yang dapat dipakai di semua perangkat: dari server, ponsel pintar, drone dan wearable.

Presiden Samsung Young Sohn dalam konferensi Internet of Things di San Fransisco kemarin, Selasa (12/5/2015), memamerkan platform baru yang mereka sebut Artik. Ini adalah tiga prosesor baru yang didukung oleh peranti lunak khusus, untuk membantu pengembang membuat perangkat yang memiliki sensor aktif.

Ketiga prosesor yang tergabung dalam keluarga Artik adalah Artik 1, Artik 5 dan Artik 10. Artik 1 ditujukan untuk perangkat berdaya rendah, harganya kurang dari USD10.

Sementara Artik 5 adalah prosesor kelas menengah yang ditujukan untuk mendukung arloji pintar dan drone. Ia memiliki dua inti berkecepatan 1GHz, RAM 512 MB dan memory 4 GB, serta koneksi bluetooth dan kemampuan video encoding.

Berada di kasta tertinggi adalah Artik 10 yang ditujukan untuk mendukung ponsel pintar dan server kelas rumahan. Ia memiliki 8 inti, RAM 2 GB DRAM dan memory 16 GB, serta konektivitas WiFi, bluetooth dan fitur video HD.

"Harganya kurang dari USD100," kata Sohn.

Untuk mendukung keberadaan Artik, Samsung meluncurkannya bersamaan dengan layanan cloud baru, SmartThings Open Cloud, yang tersedia untuk pengembang yang menggunakan modul Artik. Dengan demikian, mereka bisa lebih mudah membuat aplikasi dan layanan untuk perangkat IoT.

Dengan kehadiran Artik, pasar IoT kini tak hanya menjadi wilayah persaingan Intel, Qualcomm atau AMD. Untuk mengetahui informasi mengenai Artik lebih lanjut, Anda dapat melihat di sini. (Mashable)


(ABE)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /