Dianggap Tidak Setia, Menhan Korut Dieksekusi

Fajar Nugraha    •    13 Mei 2015 09:28 WIB
korea utara
Dianggap Tidak Setia, Menhan Korut Dieksekusi
Menhan Korut Hyong Yong Chol yang dieksekusi mati (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Menteri Pertahanan Korea Utara (Korut) Hyon Yong-Chol dilaporkan dieksekusi mati atas perintah pemimpin Korut Kim Jong-Un. Yong-Chol dieksekusi karena dianggap tidak setia.
 
Pria berpangkat jenderal tersebut dikabarkan dieksekusi pada 30 April 2015 lalu. Detail mengenai eksekusi mati ini tidak dijelaskan.
 
Seperti dilansir Kantor Berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap, Rabu (13/5/2015), ssebagai seorang menteri pertahanan, Yong-Chol dianggap dekat dengan Kim Jong-Un. 
 
Kabar dari Yonhap ini disampaikan setelah lembaga intelijen Korsel memberikan laporan kepada parlemen. 
 
Laporan intelijen pada umumnya selalu diperlakukan dengan skeptis, tetapi dalam kasus ini, klaim dari pihak Korsel itu akan mudah untuk diverifikasi. Jika laporan itu salah, maka Menhan Yong-Chol akan muncul lagi ke publik.
 
Namun kabar menyebutkan bahwa perwira senior Korut tersebut dieksekusi mati dalam waktu sepekan. Eksekusi ini menunjukkan sikap paranoid pemimpin Korut yang kerap merasa tidak aman.
 
Sementara Hyon diyakini menjabat jenderal sejak 2010, namun tidak banyak yang tahu mengenai dirinya. Dia menjabat sebagai anggota komite pemakaman Kim Jong-il pada Desember 2011 dan terus melebarkan sayapnya. Pada 2012 Yong-Chol diangkat sebagai menteri pertahanan, menyusul rangkaian pejabat senior Korut yang dieksekusi.



(FJR)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /