Kontrak Rp7 Triliun Adaro-Pertamina untuk Penghubung ke Timur Indonesia

Annisa ayu artanti    •    13 Mei 2015 11:17 WIB
pertaminaadaro energy
Kontrak Rp7 Triliun Adaro-Pertamina untuk Penghubung ke Timur Indonesia
Menteri BUMN Rini Soemarno. ANTARA FOTO/SENO

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan penandatanganan aliansi strategis dengan PT Adaro Energy Tbk, selain untuk mengoptimalkan cadangan operasional, juga sebagai penghubung (hub) transportasi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Indonesia bagian timur.

Dwi menjelaskan, Adaro memiliki aset empat tangki penyimpanan (storage) dengan kapasitas sebesar 72 ribu kiloliter (kl) dan juga pelabuhan yang berada di wilayah Indonesia timur. Melalui kerja sama ini, Dwi mengharapkan Adaro dapat menjadi penghubung transportasi BBM untuk Indonesia bagian timur.

"Kerja sama storage 72 ribu kl sangat memungkinkan untuk diperluas. Untuk hub kita ke Indonesia bagian timur. Ini salah satu langkah meningkatkan cadangan," kata Dwi, saat konferensi pers di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Dwi menjelaskan, kerja sama ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp7 triliun yang direncanakan akan berlangsung selama 10 tahun. "Kontrak dengan Adaro Rp7 triliun per tahun, itu sekitar 10 tahun ke depan," ujar dia.

Lebih lanjut, untuk kesempatan kontrak pertama, Dwi mengatakan, Pertamina akan memasok sekitar 550 ribu sampai 800 ribu kiloliter per tahun di storage milik Adaro.

Sementara, menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno yang juga hadir menyaksikan penandatanganan tersebut mengatakan kerja sama antara BUMN dengan perusahaan swasta perlu ditingkatkan lagi, apalagi dibidang energi.

"Kerja sama BUMN dengan swasta ditingkatkan dibidang energi. Kita harus melakukan ekstra effort, ini tidak bisa dilakukan dengan BUMN saja. Ini sangat-sangat strategis, di mana grup Adaro sangat besar di daerah timur. Kita harap Pertamina juga tambah kuat di daerah timur," tutup Rini.


(AHL)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

4 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /