Hedging, Tiga Bank Fasilitasi Pertamina USD2,5 Miliar

Suci Sedya Utami    •    13 Mei 2015 16:43 WIB
pertamina
<i>Hedging</i>, Tiga Bank Fasilitasi Pertamina USD2,5 Miliar
Penandatanganan lindung nilai Pertamina dengan tiga bank BUMN (Foto: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akhirnya ikut menyepakati adanya transaksi lindung nilai atau hedging. Hal ini dilakukan Pertamina sebagai upaya dalam memitigasi risiko dari transaksi yang dilakukan perusahaan menggunakan valuta asing, utamanya dolar Amerika Serikat.

Penandatanganan kesepakatan lindung nilai ini dilakukan bersama tiga bank BUMN yakni Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. Di mana untuk kali pertama, besaran yang di-hedging sebesar USD2,5 miliar.

"Kami telah dapat fasilitas forex line dari tiga bank BUMN sebesar USD2,5 miliar," terang Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, dalam acara penandatanganan kesepakatan transaksi lindung nilai PT Pertamina Persero dengan tiga bank BUMN, di Kantor Bank Indonesia, Jalan Thamrin, Jakarta, Rabu (23/5/2015).

Dwi mengatakan, sebagai perusahaan BUMN yang mengemban tugas menyediakan energi nasional, Pertamina masih memiliki keterbatasan dalam pengelolaan penyedian energi khususnya minyak. Peralatan Pertamina, seperti kilang masih banyak yang memerlukan perawatan di mana suku cadangnya didapatkan dari impor.

"Suku cadang yang impor itu transaksinya menggunakan valas. Sepanjang 2014 saja, penggunaan valas di perusahaan mencapai USD31 miliar," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menjelaskan, dengan volatilitas nilai tukar saat ini, hedging menjadi prioritas perusahaan untuk melakukan manajemen risiko yang lebih baik.

"Kita ingin pastikan risiko ini baik, karena kita memandang volatilitas ini risiko ada pada harga produk minyak dan juga dari sisi finansial. Untuk yang di-hedging USD2,5 miliar, semestinya fasilitas itu cukup untuk kami," pungkasnya.


(ABD)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

26 minutes Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /