Peran BPKP dalam Pencegahan Korupsi Masih Rendah

Desi Angriani    •    13 Mei 2015 17:08 WIB
bpkp
Peran BPKP dalam Pencegahan Korupsi Masih Rendah
Presiden Jokowi--Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Peran Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dinilai masih rendah dalam pencegahan korupsi. Padahal, BPKP selaku auditor internal pemerintah harusnya berperan maksimal.

Hal itu membuat Presiden Joko Widodo kaget. Jokowi mendapati rendahnya peran BPKP dari hasil audit internal level I. Dalam laporan itu tercatat 85 persen pengawas internal di berbagai kementerian, inspektrotar dan pemerintah daerah belum bisa memberikan jaminan tata kelola yang baik.

"Saya kaget sekali dapat laporan ini. Artinya aparat pengawasan internal belum dapat berikan jaminan tata kelola pemerintahan yang baik dalam pencegahan korupsi," kata Jokowi saat membuka rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2015, di kantor BPKP Pusat, Jalan Pramuka, Jakarta (13/5/2015).

Jika laporan tersebut benar, kata Jokowi, BPKP harus kerja lebih keras. "Karena sekali lagi, 85 persen," ungkap Jokowi.

Adapun laporan audit internal level III hanya berada di angka satu persen. Di mana pengawas internal dapat memberikan penilaian terhadap efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam pemerintahan, baik pemerintah daerah maupun di level kementerian dan lembaga.

Karena itu, Jokowi berharap BPKP menyoroti hal ini dengan baik. "Mestinya Level III 85 persen, Level I yang satu persen. Ini fakta," pungkas dia.

Sekadar diketahui, kapabilitas 417 Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) daerah yang telah dilakukan BPKP sampai dengan akhir Desember 2014 dengan menggunakan Internal Audit Capability Model, sebanyak 50 APIP (11,99 persen) berada pada Level II (infrastruktur), dan sebanyak 367 APIP (88,015) berada pada Level I (initial).


(TII)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

6 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /