Bongkar Mafia Migas, Petral Harus Diaudit Investigasi & Forensik

Annisa ayu artanti    •    13 Mei 2015 18:03 WIB
petral
 Bongkar Mafia Migas, Petral Harus Diaudit Investigasi & Forensik
Faisal Basri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) mengimbau agar pemerintah selain melakukan audit investigasi juga melakukan audit forensik terhadap anak usaha PT Pertamina (Persero), yakni Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Hal ini perlu untuk membongkar hal-hal yang tidak benar di tubuh Petral.

Ketua Tim RTKM Faisal Basri mengatakan, tujuan dari melakukan audit investigasi dan audit forensik ialah untuk membongkar mafia migas yang disinyalir masih ada dalam praktik pengadaan minyak lewat Petral tersebut.

"Kami mengusulkan untuk Petral diaudit investigasi lalu diaudit forensik dalam rangka membongkar praktik-praktik mafia migas," tegas Faisal, saat konferensi pers pembubaran Tim RTKM, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Namun, untuk eksekusinya, Faisal mengungkapkan bahwa Tim RTKM akan menyerahkan audit forensik tersebut kepada tim khusus. "Misalnya audit forensik, kan sudah diserahkan ke unit tim khusus," ujar faisal.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dalam proses pembubaran Petral akan dilakukan likuidasi kemudian audit investigasi yang akan segera dilakukan oleh Pertamina.‎

Rini berpandangan, hal ini penting agar diketahui apakah operasional Petral selama ini memiliki kejanggalan-kejanggalan yang bertabrakan dengan penegakan hukum yang berlaku. Kalau memang terbukti hasil auditnya ditemukan pelanggaran, maka akan ditindaklanjuti dan dilaporkan ke penegak hukum.

"Kita ingatkan audit investigasi juga penting, bukan hanya proses likuidasi saja. Jadi, harus betul-betul selesai dan hasilnya dapat diketahui secara transparan," pungkas Rini.

Sebagai informasi, proses likuidasi hingga audit investigasi ini ditargetkan rampung pada April 2016.



(ABD)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

6 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /