Hadiri World Cocoa Conference, JK Fokus Kembangkan Industri Kakao Indonesia

   •    14 Mei 2015 08:25 WIB
wapres jk
Hadiri World Cocoa Conference, JK Fokus Kembangkan Industri Kakao Indonesia
Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama rombongan. (Foto: MI/Panca Syurkani).

Metrotvnews.com, London: Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri World Conference Forum yang dihelat di Ibu Kota Inggris, London. JK menghadiri acara bersama dengan sejumlah kepala daerah dan pengusaha kakao dalam negeri.

Dalam kunjungan kerja ini, orang nomor dua di republik ini berfokus untuk mengembangkan komoditas kakao di Indonesia. Apalagi, industri kakao di Indonesia merupakan yang ketiga terbesar di dunia.

"Jumlah konsumen cokelat yang merupakan produk olahan kakao terbesar di Eropa, maka Indonesia memiliki pasar bagus untuk mengembangkan industri kakao," kata JK di sela-sela kunjungannya di London, Rabu (113/5/2015).

World Cococa Conference yang dimulai Jumat pekan ini akan membahas masalah kelangsungan produksi kakao dan produk-produk turunan dari kakao itu sendiri. Produk kakao sendiri, tak stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia juga akan menyoroti kebijakan yang mengenakan pajak bea masuk sebanyak enam persen untuk produk kakao olahan yang akan dipasarkan ke Eropa. Hal ini, tentu saja membuat produk kakao asal Indonesia sulit merambah pasar Eropa dan menghambat perkembangan industri hilir di tanah air.

"Masih ada diskriminasi perdagangan terhadap Indonesia di sejumlah negara," kata JK.

Diketahui, data organisasi kakao dunia menyebutkan produksi kakao tahun 2012/2013 menyentuj angka 3,945 juta ton. Angka ini turun sebesar 3,7 persen dibanding tahun sebelumny. Memasuki tahun 2013/2014, produksi kakao kembali meningkat sebesar 4,355 juta ton. 

Sedangkan produksi kakao di Indonesia sendiri menyentuh angka 410.000 ton di tahun 2012/2013. Untuk 2013/2014, produksi kakao turun menjadi 375.000 ton.



(DRI)

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah
Jelang PGS vs Celtic

7 Sebab PSG Bisa Atasi Celtic dengan Mudah

1 hour Ago

Paris Saint-Germain punya kans lebih besar untuk membantai wakil Skotlandia itu Parc des P…

BERITA LAINNYA
Video /