Harga Ikan di Pekalongan Naik Rp2.000/Kg

Antara    •    14 Mei 2015 12:52 WIB
harga ikan
Harga Ikan di Pekalongan Naik Rp2.000/Kg
Harga ikan (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Harga ikan di tempat pelelangan ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama sepakan terakhir ini rata-rata mengalami kenaikan sebesar Rp2.000 per kilogram (kg).
 
Kepala TPI Kota Pekalongan Kasim Sumadi mengatakan, gelombang tinggi yang terjadi di perairan Laut Jawa mengakibatkan para nelayan tidak melaut sehingga kondisi tersebut memicu kenaikan beberapa harga ikan.
 
"Hampir sepekan terakhir ini pasokan ikan yang dilelang di TPI terus menurun karena banyak nelayan tidak melaut. Tentunya, kondisi ini memicu harga ikan naik Rp1.000 per kg hingga Rp2.000 per kg," ungkap Kasim, di Pekalongan, Kamis (14/5/2015). 
 
Ia menjelaskan, harga ikan tongkol yang semula Rp14.000 per kg kini naik menjadi Rp16.000 per kg, dan tengiri semula Rp55.000 per kg naik menjadi Rp57.000 per kg. Kondisi cuaca dan gelombang tinggi di perairan Laut Jawa memicu para nelayan memilih tidak melaut dan mereka pulang kembali ke kampung halamannya atau memperbaiki jaring ikan yang rusak.
 
Kasim menambahkan, para nelayan yang berasal dari Pati, Rembang, dan Surabaya lebih memilih menyandarkan kapalnya di pelabuhan setempat karena kondisi cuaca dan perairan Laut Jawa tidak baik. 
 
"Banyak arek-arek (sebutan nelayan Surabaya) memilih pulang ke kampung halamnnya. Sedang nelayan lokal memilih memperbaiki jaring yang rusak atau bekerja serabutan," katanya.

Sekedar diketahui, aktivitas lelang ikan akan kembali ramai sekitar Agustus-Oktober mendatang seiring banyak kapal nelayan membongkar hasil tangkapan ikan di TPI Kota Pekalongan.

(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /