Pengamat: Keliru Partai Demokrat Pilih Sekjen dari Luar Partai

Al Abrar    •    14 Mei 2015 12:55 WIB
kongres partai demokrat
Pengamat: Keliru Partai Demokrat Pilih Sekjen dari Luar Partai
Direktur Eksekutif Polcomm Institute Heri Budianto (Foto:MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat diharapkan tidak membuka peluang posisi sekretaris jenderal dari luar partai. Wacana tersebut menunjukan kegagalan partai dalam membangun kader.

"Langkah itu keliru, karena menunjuk sekjen dari luar bukan kader internal merupakan kegagalan sempurna Demokrat dalam membangun kader," kata Peneliti Political Communication Institute (PolcoMM Institute) Heri Budianto saat dihubungi, Kamis (14/5/2015).

Menurut dia, jika memang nantinya Demokrat memilih sekjen dari luar partai maka lengkap sudah penderitaan partai, yang kini kembali dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

"Jika memang itu benar adanya menunjuk dari luar, lengkap sudah kegagalan partai ini," tukas Heri.

Seperti diketahui, SBY kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat secara aklamasi dalam kongres IV Partai Demokrat di Surabaya, Jawa Timur.

Kini, partai berlambang bintang mercy dihadapkan dengan bursa sekretaris jenderal, bahkan ada wacana Partai Demokrat yang membuka peluang posisi sekretaris jenderal dari luar partai.

Politikus senior Partai Demokrat Hayono Isman berharap agar SBY dan tim 
tidak melirik sekjen dari luar partai. "Kalau dari luar, tidak boleh. Karena, salah satu yang ditekankan adalah hargai kader partai," ujar Hayono Isman, Rabu 13 Mei, kemarin.


(ALB)

Video /