Makan Buah Berlebihan Berdampak Buruk Bagi Tubuh?

   •    14 Mei 2015 14:27 WIB
kesehatan
Makan Buah Berlebihan Berdampak Buruk Bagi Tubuh?
Makan buah berlebih tak baik bagi tubuh. (Foto:hdwbin.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah bukan rahasia lagi bahwa buah-buahan merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan dilengkapi dengan nutrisi dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan dan menangkal atau bahkan dipercaya mengobati penyakit.

Karena beragam manfaat yang dapat dipetik dari buah-buahan, banyak orang mengonsumsinya secara berlebihan. Tentu saja, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi tubuh Anda, termasuk buah-buah.

Mengapa konsumsi buah berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

Fruktosa
Seperti yang Anda ketahui, buah-buahan umumnya mengandung fruktosa (gula buah) yang mungkin tidak begitu baik bagi kesehatan. Hal ini lantaran hampir setiap sel dalam tubuh umumnya memanfaatkan glukosa sebagai sumber energi, sementara fruktosa hanya bisa dipecah oleh sel-sel hati dan terjadi reaksi fruktosa di dalam sel-sel hati. Salah satu hasil akhir dari pemecahan fruktosa adalah trigliserida (bentuk lemak). Fruktosa juga bisa menimbulkan asam urat dan radikal bebas.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi fruktosa dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin, dan ketika tingkat insulin sangat tinggi, tubuh akan sulit membakar lemak. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kondisi berat badan Anda. 

Beberapa buah dengan jumlah gula tertinggi diantaranya leci, apel, pisang, buah ara atau buah tin, anggur dan mangga. Sementara buah yang rendah gula yaitu stroberi, raspberry, blackberry, lemon, dan melon.

Karbohidrat
Buah-buahan umumnya merupakan sumber karbohidrat yang menyediakan energi secara cepat. Tapi, kelebihan karbohidrat tentu saja membuat tubuh Anda dibanjiri dengan lemak. Usahakan konsumsi hanya satu porsi buah dalam satu waktu. Buah-buahan merupakan sumber karbohidrat. Artinya Anda tidak perlu makan nasi, roti, atau kentang ketika Anda mengonsumsi buah pada saat program diet.

Jus buah
Banyak orang salah kaprah bahwa minum jus buah sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, minum jus buah pada dasarnya berarti Anda meminum gula buah, bukan makan buah yang memberikan dosis yang sehat dari serat. Buah dalam bentuk jus atau cair sebagian besar hanya gula buah saja yang melewati pencernaan dan sering menimbulkan lonjakan gula darah. (Ningtriasih/Healthmeup)


(LOV)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /