BKPM Gelar Forum Bisnis dengan Pengusaha Tiongkok

Antara    •    14 Mei 2015 15:45 WIB
bkpm
BKPM Gelar Forum Bisnis dengan Pengusaha Tiongkok
Franky Sibarani (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Beijing: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar forum bisnis dengan sekitar 100 perusahaan Tiongkok, guna memperkenalkan potensi investasi di Indonesia dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai bentuk komitmen BKPM untuk mempermudah calon investor menanamkan modalnya di Indonesia.

"Forum bisnis yang digelar BKPM ini merupakan yang kali pertama digelar," kata Kepala BKPM Franky Sibarani, sebelum pelaksanaan forum bisnis yang dihadiri pula Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Beijing, Kamis (14/5/2015).

Kepala BKPM menuturkan, realisasi investasi Tiongkok di Indonesia masih relatif kecil. "Tingkat rasio investasi Tiongkok di Indonesia baru 10 persen. Artinya, dari 10 investor Tiongkok yang menanamkan modalnya di Indonesia, hanya satu yang terealisasi," kata Franky.

BKPM mencatat realisasi investasi Tiongkok di Indonesia pada kuartal IV-2014. Untuk kali pertama Tiongkok menduduki peringkat keempat sebagai negara asal investasi ke Indonesia, namun pada kuartal I-2015 mencapai USD75,1 juta dengan 200 proyek. "Jumlah tersebut menjadikan Tiongkok masuk dalam 10 negara asal investasi ke Indonesia," katanya.

Sedangkan untuk kurun waktu lima tahun terakhir (2010-2014) nilai realisasi investasi Tiongkok ke Indonesia mencapai USD1,5 miliar atau sekitar tujuh persen dari total rencana investasi yang tercatat USD23,3 miliar.

"Padahal potensi investasi dari Tiongkok sangat besar, karena itu BKPM terus melakukan pembenahan aktif internal antara lain lebih proaktif memperkenalkan potensi investasi yang dimiliki Indonesia, memberikan fasilitas dan pendampingan bagi investor Tiongkok di Indonesia, rutin menggelar market sounding dan forum bisnis yang baru kali pertama diadakan di Tiongkok," pungkas Franky.



(ABD)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /