Paku Buwono XIII Tak Hadiri Peringatan Ultah Tahta Raja Solo

Pythag Kurniati    •    14 Mei 2015 17:39 WIB
budaya
Paku Buwono XIII Tak Hadiri Peringatan Ultah Tahta Raja Solo
KGPH Puger menghadiri acara ultah tahta raja solo menggantikan PB XIII, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar peringatan ulang tahun ke-11 tahta Raja Paku Buwono (PB) XIII di Sasana Sewaka, Solo, Jawa Tengah, Kamis 14 Mei. Namun sebagai Raja Solo, PB malah tak menghadiri acara tersebut.

Tingalan Jumenengan. Demikian nama acara yang digelar setiap tahun itu. Pada acara itu, raja Dinasti Mataram harus duduk di atas dampar, yakni kursi raja tanpa dilengkapi sandaran dan menghadap ke arah timur.

Namun PB XIII tak hadir. Ketidakhadirannya itu merupakan kali ketiga di acara tersebut.

Sebagai wakil, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger pun menempati posisi tersebut. Ia didaulat sebagai pelaksana tugas Raja PB XIII. Namun KGPH Puger yang masih masuk dalam keluarga inti Kasunanan Surakarta itu tidak menduduki dampar. Sebab dampar khusus untuk diduduki Raja.

"KGPH Puger telah ditetapkan sebagai kondang (pelaksana tugas raja) maka beliau yang akan duduk menghadap ke timur," ujar KPH Edhi Wirabumi, seorang kerabat keraton.

Di acara itu, sejumlah penari menampilkan tarian sakral keraton yaitu Bedoyo Ketawang. Acara itu khusus untuk kalangan keraton, mulai dari keluarga hingga abdi dalam.


(RRN)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

10 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /