Selamat Jalan Emon

Krisiandi    •    15 Mei 2015 09:01 WIB
didi petet meninggal
Selamat Jalan Emon
Didi Petet. Foto: Atet Dwi Pramadia/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Didi Widiatmoko atau lebih dikenal dengan nama Didi Petet meninggal dunia, hari ini. Didi, aktor kawakan yang sudah membintangi sekitar 51 film ini dikenal lewat film 'Catatan si Boy', produksi 1987. Di film itu, dia berperan sebagai Emon, lelaki kemayu sahabat Boy.

Didi terus main di empat sekuel film itu. Pria kelahiran Surabaya 15 Juli, 58 tahun silam itu, ahli memerankan banyak karakter. Selain sebagai Emon, Didi juga pernah jadi Kabayan, pemuda lugu dari tanah sunda. Sebanyak empat film Kabayan dia bintangi.

Saat muda Didi memantapkan diri berkarir di dunia hiburan. Apalagi setelah berkenalan dengan Harry Rusli. Setelah perkenalannya dengan seniman yang besar di Bandung itu, Didi menjalani peran aktingnya di panggung teater. Dia juga pernah bergabung dengan teater Koma pimpinan Nano Riantiarno.

Selain teater, Didi juga pernah mendalami pantomim. Bersama Sena Utoyo, pemeran Suwito di film Pasir Berbisik ini mendirikan teater pantomim.

Film layar lebar pertamanya adalah 'Semua Karena Ginah' (1985). Dua tahun kemudian, namanya mulai dikenal publik, karena di tahun itulah Catatan si Boy diproduksi. Didi dipilih Sutradara Nasri Chepi memerankan Emon. Bahkan hingga kini nama Didi melekat sebagai Emon.

Karena film itu dan Didi, selanjutnya banyak film yang memainkan karakter pria kemayu. Film terakhir Didi yang sudah diputar di bioskop adalah 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto'.   

Berbagai penghargaan pernah dia raih. Sebagai Emon, Didi menyabet aktor terpuji di Festival Film Bandung pada 1988. Di tahun yang sama Didi juga diganjar Piala Citra FFI lewat perannya di Cinta Anak Jaman sebagai aktor pembantu terbaik.

Pada 1989 Didi yang bermain di film Gema Kampus 66 didaulat sebagai aktor terpuji di FFB. Dan pada 1994, Didi yang jadi aktor utama dalam film Si Kabayan Cari Jodoh jadi aktor terpuji. Di 2004, Didi mendapat Lifetime Achievement MTV Indonesia Movie Award.

Selain penghargaan, Aktor yang juga mengajar di Institut Kesenian Jakarta itu juga banyak masuk dalam jajaran nominasi. Didi juga sempat bermain di komedi situasi 'Segelas Cerita Keluarga Kusuma' pada 2013 yang diputar di Metro TV. Di sitkom itu Didi berperan sebagai Pak Kusuma.

Didi diketahui meninggal dunia pada 4.30 WIB tadi. Dia meninggalkan seorang istri Uce Sriasih dan empat orang anak. Selamat Jalan Emon.


(KRI)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /