Serap 6.370 Ton Beras, Bulog Sulteng Optimistis Capai Target

Antara    •    15 Mei 2015 10:01 WIB
bulog
Serap 6.370 Ton Beras, Bulog Sulteng Optimistis Capai Target
Bulog (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Palu: Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga kini sudah membeli beras petani sebanyak 6.370 ton. Bulog Sulteng mengaku siap memperkuat penyerapan beras petani tersebut di masa-masa yang akan datang.

"Pengadaan beras sebanyak itu dilakukan satgas Bulog dan juga sejumlah mitra kerja," ungkap Kepala Bidang Pelayanan Publik Abdul Gani, di Palu, Jumat (15/5/2015).

Abdul mengakui bahwa dirinya kesulitan membeli beras petani karena banyak pedagang luar daerah seperti Manado dan Gorontalo datang membeli beras di Sulteng dengan harga berkisar Rp7.400 per kilogram (kg) sampai Rp7.500 per kg. Sementara Bulog membeli sesuai standar harga pembelian pemerintah (HPP) yang ditetapkan sebesar Rp7.300 per kg.

Abdul menjelaskan, karena sulit bersaing dengan pedagang luas, akhirnya Bulog menggunakan sistem jaringan semut. Sistem dimaksud adalah mendatangi penggilingan-penggilingan kecil yang ada di setiap kabupaten dan kota di Sulteng. Hal ini dilakukan lantaran penggilingan besar sudah didatangi para pedagang.

Meski demikian, sistem tersebut cukup membuahkan hasil, meski realisasi pembelian juga kecil. Namun, pembelian yang kecil-kecil ini bila dikumpulkan menjadi besar. Abdul berpendapat, jika Bulog hanya menunggu di tempat, maka akan sangat sulit menyerap beras petani karena sudah didahului para pedagang dari luar.

Pada musim panen 2015 ini, Bulog Sulteng menargetkan pembelian beras petani untuk memenuhi kebutuhan stok nasional di daerah itu sebanyak 32 ribu ton. Target tersebut telah direvisi. Semula target 36 ribu ton. Tetapi direvisi karena harga beras di tingkat produsen jauh di atas HPP.


(ABD)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

2 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /