Kasus Pemerasan di ESDM, Jero Wacik Diperiksa

Achmad Zulfikar Fazli    •    15 Mei 2015 10:42 WIB
jero wacik
Kasus Pemerasan di ESDM, Jero Wacik Diperiksa
Jero Wacik di Gedung KPK, Jumat (15/5/2015). Foto: Achmad Zulfikar Fazli/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: KPK kembali memeriksa mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik. Dia akan diperiksa sebagai tersangka untuk mengusut kasus dugaan pemerasan di lingkungan Kementerian ESDM.

Ini adalah pemeriksaan pertamanya usai ditahan awal pekan lalu. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat ini tiba sekitar pukul 10.11 WIB, dengan mengenakan rompi oranye tahanan KPK. Jero langsung melenggang masuk ke dalam gedung lembaga antikorupsi.

Tak ada sepatah kata pun keluar dari mulut mantan menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. Dia hanya melemparkan senyum kepada awak media yang menanyakan kehadirannya ke KPK hari ini, Jumat (15/5/2015).

Diketahui, Jero ditahan pada Selasa 5 Mei lalu. Dia ditahan usai diperiksa hampir sembilan jam dan langsung digiring ke Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang.

Jero sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan dalam sejumlah kegiatan di Kementerian ESDM saat menjabat sebagai menteri periode 2011-2013 pada 3 September 2014 lalu. Ia diduga memeras untuk memperbesar dana operasional menteri (DOM).

Jero kemudian dijerat pasal 12 huruf e atau pasal 23 Undang-undang No 31 tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001 jo pasal 421 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Jero diketahui juga terlibat kasus dugaan korupsi saat menjabat menjadi menteri kebudayaan dan pariwisata. Dalam kasus menbudpar, Jero ditetapkan sebagai pesakit sejak 6 Februari lalu. Jero diduga telah merugikan keuangan negara hingga Rp7 miliar.

Dia dijerat dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001. Pasal itu mencantumkan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun denda paling banyak Rp1 miliar.


(KRI)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /