Tiga Data Ekonomi AS Ini Bakal Pengaruhi Harga Emas

Antara, Widyasari    •    15 Mei 2015 12:00 WIB
harga emas
Tiga Data Ekonomi AS Ini Bakal Pengaruhi Harga Emas
Ilustrasi. Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Head Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, harga emas kembali bergerak menguat kemarin ke area USD1227 per troy ons karena pelemahan dolar AS. Pagi ini harga bergerak korektif ke kisaran 1219.

"Potensi naik masih terbuka selama harga masih bertahan di atas kisaran support terdekat 1217. Potensi penguatan ke area 1227-1230," ujar Ariston dalam riset tertulisnya, Jumat (15/5/2015).

Sementara, pergerakan di bawah 1217 membuka peluang pelemahan ke area 1212 yang merupakan support penting. Dan penembusan area support penting tersebut membuka peluang pelemahan ke kisaran 1207-1203.

Menurut Ariston, hari ini tiga data ekonomi AS berpeluang mempengaruhi pergerakan harga emas yaitu data Indeks Manufaktur di kawasan New York untuk bulan Mei, data Produksi Industri bulan April dan data Survei Sentimen Konsumen bulan Mei. Tiga data ini umumnya diekspektasikan lebih bagus dari data bulan sebelumnya.

"Hasil yang lebih bagus dari ekpektasi berpeluang mendorong penguatan dolar AS dan melemahkan harga emas," tukasnya.

Sebagai informasi, emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena dolar AS yang lebih lemah memberikan dukungan terhadap logam mulia. Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik USD7 atau 0,57 persen, menjadi menetap di USD1.225,20 per ounce.

Emas terangkat naik karena dolar AS turun 0,08 persen menjadi 93,54 pada pukul 18.02 GMT. Emas mendapat dukungan tambahan ketika laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis menunjukkan Indeks Harga Produsen sedikit berubah, memberikan investor alasan untuk percaya bahwa Federal Reserve AS tidak akan mulai khawatir tentang mulai menaikkan suku bunga.

Laporan menunjukkan harga untuk total permintaan akhir jatuh sebesar 0,4 persen pada April, yang analis katakan pada posisi akhir rendah dari ekspektasi. Sebuah laporan lebih baik dari perkiraan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis mencegah emas dari kenaikan lebih jauh karena laporan menunjukkan klaim pengangguran awal turun 1.000 selama pekan yang berakhir 9 Mei menjadi 264.000.


(WID)

Putus Kontrak, Dani Alves Isyaratkan Reuni dengan Guardiola
Bursa Transfer Pemain

Putus Kontrak, Dani Alves Isyaratkan Reuni dengan Guardiola

24 minutes Ago

Dani Alves mengisyaratkan kemungkinan bereuni dengan Josep 'Pep' Guardiola di Mancheste…

BERITA LAINNYA
Video /