Tekan Spekulasi, Pemerintah Pastikan Tetap Investigasi Petral

Desi Angriani    •    15 Mei 2015 14:21 WIB
petral
Tekan Spekulasi, Pemerintah Pastikan Tetap Investigasi Petral
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) harus diselidiki karena ada praktik tidak transparan. Bahkan, sejak awal Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan perhatian khusus sehingga penyelidikan lebih lanjut memang dibutuhkan.

Menteri ESDM Sudirman Said mengakui bahwa dirinya sudah melaporkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi. Presiden Jokowi pun sudah mendapatkan informasi dan memberikan arahan agar pihak-pihak terkait bersegera melakukan tindakan lebih lanjut guna menghilangkan persepsi buruk dari masyarakat.

"Tadi (sudah) saya laporkan (kepada Presiden Jokowi). Arahan beliau investigasi harus terus dilakukan untuk hilangkan spekulasi," ungkap Sudirman, kepada wartawan, ditemui di Istana Negara, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Sudirman tak memungkiri bahwa investigasi memang harus segera dilakukan agar segala sesuatunya tidak berdampak buruk dan merembet panjang. Bahkan, kalau memang ditemukan kejanggalan dan ada indikasi pelanggaran yang dilakukan, sewajarnya harus ditindak secara tegas demi menjalankan transparansi.

"Pasti (dipublikasikan ke publik). Sehingga semuanya terang benderang mana yang baik dan mana yang buruk. Kalau ada pelanggaran hukum, jangan ragu-ragu (untuk) dibawa ke ranah hukum," tandas Sudirman.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) telah memutuskan untuk menutup operasional anak usahanya yakni Petral. Setelah ditutup, Pertamina akan mengambil alih segala sesuatunya baik aset maupun fungsi dan tugas Petral selama ini.

Dengan pembubaran Petral, maka kegiatan bisnis Petral, terutama yang menyangkut ekspor dan impor minyak mentah, serta produk kilang akan sepenuhnya dijalankan oleh Pertamina melalui Integrated Supply Chain (ISC). Begitu juga dengan aset Petral, seluruhnya akan diambil alih Pertamina sebagai induk perusahaan.


(ABD)

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino
Jelang Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino

1 hour Ago

Penampilan Isco musim ini ternyata mendapat perhatian dari pelatih Tottenham Hotspur Mauricio P…

BERITA LAINNYA
Video /