JK Tegaskan Komitmen Pemerintah Bangun Papua di Hadapan Pengusaha Inggris

Dheri Agriesta    •    15 Mei 2015 19:40 WIB
papua
JK Tegaskan Komitmen Pemerintah Bangun Papua di Hadapan Pengusaha Inggris
Jubir Wapres Husain Abdullah. Dok/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, London: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam kunjungan kerjanya di London, Inggris bertemu dengan pengusaha yang tergabung dalam Asia House London. JK menegaskan komitmen pemerintah untuk membangun Papua.

Dalam acara santap siang yang dijamu Chief Executive Asia House Michael Lawrence, orang nomor dua di Republik ini menjelaskan kebijakan baru Presiden Jokowi atas Papua. Berbagai pertanyaan diterima JK dari 20 pengusaha yang ikut dalam jamuan makan siang ini.

JK yang didampingi Duta Besar Indonesia untuk Inggris T M Hamzah Thayeb meladeni pertanyaan yang dialamatkan kepadanya. JK menjelaskan sistem otonomi yang berjalan di Papua.

"Sistem otonomi di Papua sangat baik dan pro kepada rakyat Papua," kata JK.

Dalam pelaksanaanya, otonomi khusus itu mengatur Papua hanya dapat dipimpin putra asli dari Papua. Wni yang bukan berasal dari Papua tak diperkenankan menjadi Gubernur di tanah Papua. Sebaliknya, secara politis, putra asli Papua boleh menjabat sebagai Gubernur di seluruh wilayah Indonesia.

Pemerintah punya komitmen kuat untuk membangun Papua. JK juga menyebut, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Papua sekali tiga bulan. Selain pembangunan, pemerintah juga fokus dalam pembebasan HAM di Papua. Buktinya, jurnalis asing telah mendapat lampu hijau untuk melakukan kegiatan jurnalistik di Papua.

Pengusaha asal London cukup tertarik untuk berinvestasi. Indonesia masih atraktif untuk menanam investasi. JK pun menguraikan rencana pembangunan infrastruktur yang ingin dicapai pemerintah, seperti tol laut, pelabuhan, bandara, dan jalur kereta api.

JK pun  pamer, Indonesia sedang menggalakkan proyek pembangkit listrik 35 ribu MW dengan target 5 hingga 7 ribu MW/ tahun. Proyek ini ditaksir bernilai sekitar Rp500 triliun. Keseluruhan proyek itu sangat terbuka bagi para investor yang ingin turut berinvestasi.


(WID)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /