4,1 Juta Anak Indonesia Jadi Korban Tindak Kekerasan

Fetry Wuryasti    •    15 Mei 2015 22:31 WIB
penelantaran anak
4,1 Juta Anak Indonesia Jadi Korban Tindak Kekerasan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat wawancara dengan Media Indonesia, Jakarta, Rabu (13/5/2015).MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat ada 4,1 juta anak mengalami berbagai masalah, seperti anak berhadapan dengan hukum, anak jalanan, anak korban tindak kekerasan, dan penelantaran.

“Tadi, saya sudah bertemu dengan anak korban penelantaran dan Kemensos ingin memastikan kondisi mereka,” kata Mensos Khofifah Indar Parawasa saat berkunjung ke SOS Children’s Village Jakarta, Karya Bhakti Ria Pembangunan, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (15/5/2015).

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemensos merilis dari jumlah 4,1 juta anak bermasalah, sebanyak 5.900 di antaranya anak korban kekerasan, 34 ribu anak jalanan, dan 3.600 Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Anak-anak korban tindak kekerasan itu ditempatkan di Rumah Perlindungan Sosial Anak di Bambu Apus. Sedangkan anak korban penelantaran ditempatkan di SOS Children’s Village Jakarta Timur,” kata Khofifah.

Anak korban penelantaran akan menjalani trauma konseling, visum fisik, dan psikiatri. Mereka juga akan menjalani program pendampingan keluarga dari tiga derajat ke atas, ke samping ataupun ke bawah, seperti eyang putri dan paman dari anak-anak itu.

“Mereka butuh reintegrasi yang bisa dibangun bersama eyang putri atau pamannya terlebih dahulu, sehinga bisa menjadi kesatuan keluarga besar,” tambah Mensos.

Menurut Khofifah, tanggung jawab tumbuh kembang anak utamanya ada di kedua orangtua dan keluarga besarnya. Sedangkan, tugas kementerian atau lembaga terkait anak ada pada BKKBN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama, serta Kemensos.


(ICH)

Dani Alves Resmi Tinggalkan Juventus

Dani Alves Resmi Tinggalkan Juventus

4 hours Ago

Bek asal brasil Dani Alves resmi berpisah dengan Juventus. Alves  pun menyampikan ucapan s…

BERITA LAINNYA
Video /