Agar KPK Lebih Baik, Pemerintah Hati-hati Siapkan Pansel Capim

Desi Angriani    •    16 Mei 2015 01:24 WIB
kpk
Agar KPK Lebih Baik, Pemerintah Hati-hati Siapkan Pansel Capim
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno (Foto Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, pemerintah berhati-hati dalam menyiapkan personel pengisi panitia seleksi (pansel) calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode baru.

"Agak berhati-hati dalam menyiapkannya sehingga hasilnya nanti akan lebih baik," kata Tedjo di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Pemilihan calon anggota pansel, kata dia, memperhatikan kematangan, rekam jejak, serta keinginan kuat untuk menegakkan hukum dengan baik.

"Caranya tentu dengan menempatkan komisioner yang kredibel sehingga KPK betul kuat. Kita tidak menginginkan KPK dilemahkan," tuturnya.

Hingga kini, belum ada perintah dari Presiden Jokowi terkait nama-nama yang masuk dalam daftar tersebut.

"Belum ada permintaan dari Presiden. Sesegera mungkin akan disiapkan tapi belum ada perintah," pungkas dia.

Pemerintah terus menggodok formula yang tepat untuk mengisi posisi panitia seleksi (pansel) calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode baru. Pansel ditargetkan terbentuk pada Mei 2015.

"Kita harapkan bulan ini," ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Hamonangan Laoly di Istana Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 12 Mei 2015.

Yasonna mengatakan, pemilihan calon anggota pansel memperhatikan kematangan, rekam jejak, serta keinginan kuat untuk menegakkan hukum dengan baik. Karenanya, kata dia, posisi tersebut terbuka untuk berbagai kalangan.

Yasonna menambahkan, Kementerian Hukum dan HAM terus berkomunikasi dengan Sekretariat Negara untuk mengusulkan sejumlah nama kepada Presiden Joko Widodo. Namun, ia belum mau menyebut siapa saja nama yang masuk dalam daftar.

Dalam seleksi tersebut kata Yasonna hanya akan menyeleksi empat calon pimpinan. Sebab, satu posisi untuk seorang capim kini tinggal menunggu fit and proper test untuk dua calon.


(ALB)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /