On This Day: Barcelona Pertama Kali Juara Piala Winners

Achmad Firdaus    •    16 Mei 2015 07:31 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Barcelona Pertama Kali Juara Piala Winners
Foto: FC Barcelona

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, 36 tahun yang lalu, Barcelona sukses mengalahkan klub Jerman, Dusseldorf dan merebut gelar Piala Winners. Namun, sukses itu diraih lewat pertarungan yang melelahkan.

Laga final Piala Winners (sekarang Liga Europa) antara Barcelona dan Dusseldorf digelar di St. Jakob Stadium, Swiss, pada 16 Mei 1979, tepat hari ini, 36 tahun yang lalu. 

Bertanding di hadapan 58 ribu pasang mata, Barca dan Dusseldorf langsung menampilkan permainan terbuka. Gol cepat pun tercipta. Barca unggul lebih dulu lewat Vicente Sanchez pada menit ke-5. Namun Dusseldorf langsung membalas lewat strikernya, Thomal Allofs tiga menit kemudian.

Barca kembali unggul pada menit ke-34 lewat aksi Juan Manuel Asensi. Akan tetapi, Dusseldorf kembali berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Wolfgang Seel di menit ke-41. Skor 2-2 bertahan hingga turun minum.

Setelah saling mengumbar gol di babak pertama, kedua tim gagal mencetak gol di babak kedua sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Striker Barca, Carles Rexach mencuri perhatian lewat golnya pada menit 104 untuk membawa Barca unggul 3-2. Tujuh menit berselang, Barca sukses memperbesar keunggulannya menjadi 4-2 lewat striker lainnya, Hans Krankl.

Dusseldorf yang tak menyerah sukses memperkecil ketertinggalannya lewat gol kedua Wolfgang Seel pada menit ke-114. Sayangnya, Dusseoldorf tak mampu lagi mencetak gol di sisa enam menit pertandingan sehingga harus merelakan Barcelona jadi juara dengan skor 4-3.

Hasil ini tentu mengecewakan bagi Dusseldorf lantaran ini adalah pertandingan pertama dan satu-satunya yang sukses dicapai klub asal Jerman itu.

Sementara bagi Barcelona, ini adalah gelar Piala Winners pertama mereka setelah pada tahun 1969 kalah di final. Setelahnya, Blaugrana sukses merebut tiga gelar Piala Winners lagi, yakni pada 1982, 1989, dan 1997.

Ajang Piala Winners yang telah dimulai sejak 1960 akhirnya dihapus UEFA pada tahun 1999 dengan Lazio tampil sebagai juara edisi terakhir. Setelah itu, UEFA megubahnya menjadi Piala UEFA dan kini berganti nama jadi Liga Europa.

Berikut video pertandingan Barcelona vs Dusseldorf:
 


(ACF)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

5 hours Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /