Banyak Kecurangan, Indef: Bulog Harus Dibubarkan

Dian Ihsan Siregar    •    16 Mei 2015 13:16 WIB
bulog
Banyak Kecurangan, Indef: Bulog Harus Dibubarkan
Enny Sri Hartati (kiri) (Foto: MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menginginkan agar Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dibubarkan. Alasannya, Perum Bulog sangat rawan kepentingan.

"Saat ini Bulog sebagai operator pembelian beras. Harus dibubarkan (karena) banyak kepentingan disana. Setelah dibubarkan harus ada lembaga ketahanan pangan agar bisa lakukan intervensi," ucap Enny, ditemui di acara bertajuk Surutnya Kinerja Ekonomi-Politik Kabinet Kerja, di Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta, Sabtu (16/5/2015).

Dia menjelaskan, pembentukan lembaga ketahanan pangan tersebut itu nantinya bisa menjadi Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). Paling tidak, lembaga ini mendapat penugasan langsung dari pemerintah.

Dengan beralihnya Bulog menjadi lembaga pemerintah, Enny berharap, lembaga tersebut bisa menjaga harga beras dipasaran. Diharapkan pula, nantinya lembaga baru itu bisa menjaga pasokan pangan dengan baik.

"Lembaga ini harus tidak punya konflik kepentingan, dan bisa menjadi lembaga yang buffer stock," tegas dia.

Enny menilai, lembaga tersebut akan bermanfaat ketika masa panen datang lalu disaat itu harga beras jatuh, maka lembaga dimaksud bisa menjalankan intervensi. Akhirnya, harga beras di pasar tidak bisa lagi dimainkan oleh para kartel.

"Lembaga ini bisa intervensi, dengan instrumen yang bisa menentukan harga di pasar. Tidak seperti yang ada saat ini, harga bisa dimainkan oleh para kartel," pungkas Enny.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /