Pemerintah Yogyakarta Dinilai Lamban Tangani Transportasi Publik

Ahmad Mustaqim    •    17 Mei 2015 09:04 WIB
transportasi
Pemerintah Yogyakarta Dinilai Lamban Tangani Transportasi Publik
Foto: Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta/dok_istimewa

Metrotvnews.com, DI Yogyakarta: Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kuncoro Harto Widodo menilai pemerintah lamban dalam menangani masalah transportasi publik di Yogyakarta. Meskipun sudah bergerak, kata dia, masalah transportasi tak langsung diselesaikan.

"Masyarakat atau penumpang transportasi publik akan memilih yang memenuhi harapan, seperti kendaraan pribadi," kata Kuncoro kepada Metrotvnews.com, Sabtu (16/5/2015).

Ia menjelaskan, ada beberapa permasalahan konteks transportasi publik di Yogyakarta. Masalah yang tampak, yakni jarak lokasi menurunkan penumpang dengan tempat orang itu tinggal cukup jauh.

Selain itu, ia melanjutkan, konektivitas rute kendaraan dengan lokasi yang penumpang tuju kerap masih berjarak. Belum lagi masalah frekuensi serta jam layanan transportasi tersebut.

Selama ini, ada tiga jenis transportasi publik yang telah setiap hari berperasi, seperti taksi, bus antar kota dalam provinsi, serta bus Trans Jogja. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang lebih memilih kendaraan pribadi yang berakibat pada padatnya arus lalu lintas.

"Pertumbungan kendaraan pribadi tak bisa dibatasi. Yang perlu dipikirkan, bagaimana menjadikan transportasi publik bisa menjadi pilihan," pungkasnya.
 


(TTD)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

10 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /