Harga Rumah Baru di Tiongkok Ambles 6,1%

Ade Hapsari Lestarini    •    18 Mei 2015 11:32 WIB
ekonomi china
Harga Rumah Baru di Tiongkok Ambles 6,1%
Data rumah baru Tiongkok menurun. FOTO: Reuters/Jason Lee

Metrotvnews.com, Beijing: Rata-rata harga rumah baru di 70 kota besar di Tiongkok turun 6,1 persen di April ini dibandingkan tahun sebelumnya. Harga rata-rata rumah baru tersebut telah tergerus selama delapan bulan berturut-turut.

Biro Statistik Nasional Tiongkok mencatat harga rumah baru di Beijing bulan lalu turun 3,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 3,7 persen.

Reuters melansir, Senin (18/5/2015), namun demikian harga perumahan baru di Beijing tersebut tercatat naik 0,7 persen pada April jika dibandingkan dengan Maret.

Sementara itu, harga rumah di Shanghai turun 4,7 persen pada April, dibandingkan periode yang sama tahun melemah lima persen. Kendati demikian, sempat tercatat naik 0,6 persen dari bulan sebelumnya.

Pertumbuhan investasi real estate di Tiongkok terus melambat dalam empat bulan pertama 2015 ke level terendah sejak Mei 2009 karena konstruksi baru yang melemah. Para ekonom berharap investasi real estate di Tiongkok dapat meningkat setelah persediaan kelebihan perumahan perlahan bekerja.

Pasar properti yang lemah dipandang sebagai salah satu risiko utama pelambatan perekonomian, yang telah ditetapkan sebagai tahun terburuk dalam 25 tahun terakhir ini.


(AHL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /