Peneliti Inggris Bikin Alat Deteksi Narkoba Melalui Sidik Jari

Riandanu Madi Utomo    •    18 Mei 2015 12:32 WIB
teknologi
Peneliti Inggris Bikin Alat Deteksi Narkoba Melalui Sidik Jari
Kedepannya, deteksi narkoba akan lebih cepat dan akurat (foto: TweakTown)

Metrotvnews.com: Mendeteksi seorang pecandu narkoba memang tak mudah. Harus diadakan serangkaian uji laboratorium yang panjang untuk memutuskan apakah seseorang positif merupakan pengkonsumsi narkoba atau bukan.

Menjawab permasalahan tersebut, sekelompok peneliti dari University of Surrey di Inggris membuat sebuah alat yang mampu mendeteksi keberadaan narkotika jenis kokain dengan hanya menggunakan sistem pemindaian sidik jari.

Alat pendeteksi kokain dalam tubuh seseorang ini menggunakan metode deteksi dua unsur kimia yang terdapat di dalam kokain, yaitu benzoylecgonine dan methylecgonine. Kedua unsur kimia tersebut ternyata dapat ditemukan di dalam darah, keringat, serta urine dari seseorang yang baru saja mengkonsumsi kokain.

Dengan menggunakan metode Desorption Electrospray Ionisation (DESI), alat ini dirancang mampu mendeteksi kadar kokain dalam keringat yang berada di sela-sela sidik jari.

Salah satu peneliti, Melanie Bailey, mengatakan bahwa alat tersebut juga dapat membedakan kadar kokain yang disentuh oleh jari dengan kadar kokain yang benar-benar dikonsumsi. Alat ini tidak hanya menawarkan hasil yang cepat dan akurat, namun juga aman karena metode deteksinya berjalan secara langsung dan hasilnya akan sulit untuk dimanipulasi.

Para peneliti tersebut pun memperkirakan bahwa alat ini akan mulai dapat dipakai oleh pihak yang berwajib pada 10 tahun mendatang. (TweakTown)


(ABE)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 day Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /