ICW Minta Presiden Tak Masukkan Romli dan Margarito ke Pansel KPK

Dheri Agriesta    •    18 Mei 2015 15:30 WIB
pansel kpk
ICW Minta Presiden Tak Masukkan Romli dan Margarito ke Pansel KPK
Margarito Kamis. Foto: Adam Dwi/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah segera membentuk pantia seleksi (pansel) Pimpinan KPK. Nama-nama yang mengisi panitia seleksi juga sudah banyak disebut.   

Beberapa nama, seperti Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPPU) Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, Erry Riyana Hardjapamekas, dan mantan Wakapolri Komjen Purnawirawan Oegroseno dikabarkan masuk dalam pansel.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD pun disebut terdapat dalam susunan pansel. Selain itu ada juga nama ahli hukum tata negara Saldi Isra, Refly Harun, dan Zainal Arifin Mochtar. Pakar hukum pidana Romli Atmasasmita dan ahli tata negara Margarito Kamis pun disebut masuk dalam pansel.

Dua nama terakhir cukup mendapat sorotan karena menjadi ahli dalam sidang praperadilan Komjen Budi Gunawan di PN Jaksel beberapa waktu silam. Putusan sidang tersebut, status tersangka Budi Gunawan dibatalkan pengadilan.

Koordiator ICW Adnan Topan Husodo mengaku telah mendengar nama-nama yang beredar. Menurutnya, Presiden Joko Widodo harus mempertimbangkan untuk menolak dua nama ini masuk dalam calon anggota pansel KPK.

"Presiden harus punya pertimbangan sendiri, apakah dua orang ini (Romli dan Margarito) layak jadi anggota pansel, terutama dikaitkan dengan sepak terjang terakhir saat menjadi saksi ahli untuk BG (Budi Gunawan)," kata dia saat dihubungi, Senin (18/5).


Romli Atmasasmita. Foto: Susanto/MI

Adnan menyebut, pansel KPK sebaiknya beranggotakan orang yang memiliki integritas dan semangat pemberantasan korupsi. Mereka yang masuk dalam pansel harus bebas dari kepentingan. Karena, KPK merupakan lembaga yang masih dipercaya publik untuk memberantas korupsi.

Pansel akan memilih nama-nama yang dianggap layak untuk menjadi pimpinan KPK. Nama-nama itu akan diserahkan ke Komisi III DPR guna diuji kelayakan dan kepatutan. Pimpinan KPK jilid IV akan terpilih Desember tahun ini.


(KRI)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

6 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /