Akuisisi Kilang Pertamina Masuk Tahap Lelang

Annisa ayu artanti    •    18 Mei 2015 15:33 WIB
pertamina
Akuisisi Kilang Pertamina Masuk Tahap Lelang
Ilustrasi kilang. Ilustrasi FOTO: IBTIMES

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Pengelolaan PT Pertamina (Persero) Rahmat Hardadi mengungkapkan dua hari lagi Pertamina akan mengakuisisi 51 persen kilang di Asia Tenggara dengan kapasitas 220 ribu barel.

"Kapasitas kilang ini 220 ribu. Tapi kembali lagi, Pertamina belum dalam posisi menang. Didoakan Pertamina menang," ungkap Rahmat, saat diskusi Diskusi Publik Pengembangan Produk-Produk Pengolahan Pertamina, di Gedung Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur No.1, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Ia menjelaskan posisi kilang yang akan diakuisisi nanti berada di Asia Tenggara. Namun, ia tidak menyebutkan dengan pasti letak negaranya. Sekitar 51 persen atau 110 ribu barel per hari akan dimiliki oleh Pertamina.

"Iya di Asia Tenggara. Kalau itu masuk artinya 220 ribu barel sesuai dengan share kepemilikan 51 persen Pertamina berhak terhadap 51 persen dari total kapasitas itu," ujar dia.

Rencananya, lanjut Rahmat, dalam kenyataannya mungkin produknya akan tetap dijual di tempat kilang tersebut berada dengan grup yang sama. Lalu, Pertamina akan mengambil produk yang sama, jumlah yang sama dan dikirimkan ke Indonesia.

"Jadi intinya kami masuk mengakuisisi untuk menambah pasokan dalam negeri," ungkap dia.

Ditanya sudah sejauh mana proses akuisisi kilang tersebut, Rahmat menjawab, sudah sampai tahap lelang. Tinggal menunggu dua hari lagi.

"Kalau lelang kita tawarnya jangan mahal-mahal dong. Tapi berapa nawarnya nanti kalau bocor tidak jadi," pungkas dia.


(AHL)

Video /