'Tolong', Teriakan Terakhir Erri setelah Jatuh ke Kawah Merapi

Patricia Vicka    •    18 Mei 2015 16:35 WIB
pendaki jatuh di kawah merapi
'Tolong', Teriakan Terakhir Erri setelah Jatuh ke Kawah Merapi
Gambar diduga foto terakhir Erri Yunanto sebelum jatuh ke kawah Gunung Merapi, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Erri Yunanto sempat meneriakkan permintaan tolong setelah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu jatuh ke kawah Gunung Merapi wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Permintaan itu didengar temannya, Dicky, yang sama-sama mendaki Gunung Merapi hingga ke Puncak Garuda, Sabtu 16 Mei.

"Saya dengar dari cerita Dicky, salah seorang teman Erri, sesudah jatuh ia sempat mendengar teriakan minta tolong dari Erri," ujar seorang kerabat Erri, Esti Ashadi, di kediaman orangtua korban di Sleman, Yogyakarta, Senin (18/5/2015).

Lantaran panik, kata Esti, Dicky berlari ke posko penjaga di Pasar Bubar. Dicky berusaha mencari pertolongan untuk temannya.

Akhirnya Dicky lari turun ke Posko penjaga dan minta bantuan sama tim SAR di sana," tutur perempuan berjilbab abu-abu itu.

Tim SAR yang mendapat laporan langsung bergerak ke lokasi kejadian. Tim juga menghubungi keluarga korban.

"Keluarga baru diberi kabar Sabtu sekitar pukul 21.00 wib. Ibu dan ayahnya langsung shock mendengar kabar tersebut," pungkasnya.


(Erri Yunanto (bertopi) berpose bersama temannya sesama pendaki Gunung Merapi, Dicky, Metrotvnews.com/ Patricia Vicka )

Dicky merupakan satu-satunya saksi mata yang menyaksikan langsung Erri jatuh ke kawah. Saat itu, Dicky memotret Erri yang tengah berpose di Puncak Garuda. Saat akan menuruni puncak, Erri terpeleset. Ia tergelincir lalu jatuh ke kawah Merapi.

Hingga berita ini dimuat, tim SAR berusaha mengangkat tubuh Erri dari kawah. Namun kondisi alam yang suhunya panas dan adanya gas beracun mempersulit proses pengangkatan tubuh korban ke bibir kawah. Kondisi korban pun belum dapat dipastikan.


(RRN)


Video /