Mei, Besaran Iuran Jaminan Pensiun Ditetapkan

Angga Bratadharma    •    19 Mei 2015 11:09 WIB
dana pensiun
Mei, Besaran Iuran Jaminan Pensiun Ditetapkan
BPJS Ketenagakerjaan (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri optimistis keputusan akhir mengenai besaran iuran jaminan pensiun di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bisa diselesaikan pada Mei ini karena pelaksanaan oprasionalnya akan dimulai 1 Juli. Sampai saat ini pemerintah masih mendiskusikan besaran iuran dana pensiun pekerja yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya berharap bulan ini pembahasan dan keputusannya telah selesai. Jaminan pensiun mandat Undang-undang BPJS, jadi harus segera dijalankan," Kata Hanif, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Menaker Hanif menjelaskan, dalam rapat koordinasi tersebut masih mengeksplor semua pemikiran terkait pelaksanaan dana jaminan pensiun. "Kita diskusikan semua usulan yang masuk sehingga apapun opsi dalam pengambilan keputusan memilki rasionalitas," kata Hanif.

Lebih lanjut Menaker Hanif mengatakan, dalam subtansi akhir RPP Jaminan Pensiun itu dijelaskan peserta program jaminan pensiun adalah pekerja yang bekerja pada pemberi kerja selain penyelenggara negara.

Hanif menjelaskan, ada beberapa kegunaan dengan adanya jaminan pensiun ini yaitu mengurangi beban pengusaha dalam pelaksanaan pembayaran PHK ketika pekerja memasuki usia pensiun serta mengganti penghasilan yang hilang bagi pekerja.
 
"Selain itu, manfaatnya adanya program jaminan pensiun maka pengusaha dan juga pekerja dapat merencanakan biaya yang harus dialokasikan dalam program jaminan pensiun," ujar Hanif.

Hanif mengungkapkan, prinsip dasar dari program jaminan pensiun adalah asuransi sosial atau tabungan wajib dengan manfaat pasti di mana terdapat batasan minimum dan maksimum manfaat yang akan diterima. Program ini menetapkan masalah iuran minimal 15 tahun dengan batas usia pensiun minimum 56 tahun.

Dalam RPP, masih kata Hanif, jenis manfaat yang bisa didapatkan dalam program jaminan pensiun adalah pensiun hari tua, diterima peserta setelah pensiun sampai meninggal dunia, pensiun cacat, diterima peserta yang cacat akibat kecelakaan atau akibat penyakit sampai meninggal dunia dan pensiun janda/duda, diterima janda/duda ahli waris peserta sampai meninggal dunia atau menikah lagi.

Selain itu jenis manfaat yang didapatkan berdasarkan ketentuan adalah pensiun anak, diterima anak ahli waris peserta sampai mencapai 23 tahun, bekerja, atau menikah, serta pensiun orang tua, diterima orang tua ahli waris peserta lajang sampai batas waktu tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /