Dede Yusuf: Pemerintah Tak Punya Misi Ciptakan Pola Hidup Sehat

Meilikhah    •    19 Mei 2015 13:31 WIB
kesehatan
Dede Yusuf: Pemerintah Tak Punya Misi Ciptakan Pola Hidup Sehat
Dede Yusuf. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menilai pemerintah hanya fokus pada pembangunan infrastruktur sebagai indikator pembangunan nasional. Sebaliknya, pemerintah abai pada sektor kesehatan.

"Kita (pemerintah) bicara BPJS, berobat gratis, infrastruktur, dan lain-lain, tapi lupa bagaimana menciptakan pola hidup sehat sejak dini," kata Dede Yusuf, dalam dialog kebangsaan bertajuk Kesehatan Ibu & Anak: Strategi Merawat Indonesia, di PB IDI Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu mengakui pembangunan nasional Indonesia tak pernah maksimal. Parahnya lagi, kata dia, saat pilkada atau pilpres yang dibicarakan hanya bagaimana melengkapi pembangunan infrasfruktur, sementara pembangunan manusianya di kesampingkan.

"Pemerintah kalau nyinggung kesehatan pasti arahnya ke klinik, rumah sakit, dan berobat gratis. Padahal, kalau pengobatan digratiskan, dokter-dokter itu pada teriak ke saya. Komitmen politik umumnya membicarakan berobat gratis dan infrastruktur. Bukan bagaimana cara hidup sehat," kata Dede.

Menurut Dede, program pemerintah seharusnya bisa preventif dan promotif dan tak melulu kuratif. Pemerintah harus fokus memberi pemahaman yang jelas tentang pentingnya menjalankan pola hidup sehat.

"Di (sektor) Kesehatan harusnya bisa mempersiapkan manusia mulai dari ibu dan makanan bergizi. Jadi, dibagi antara pembangunan infrastrukur dan manusianya. Sehingga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dapat menjalankan fungsinya dalam pengembangan manusia yang jelas," jelasnya.


(KRI)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

16 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /