Tampung Pengungsi Rohingya, Indonesia Dipuji PBB

Desi Angriani    •    19 Mei 2015 16:27 WIB
rohingya
Tampung Pengungsi Rohingya, Indonesia Dipuji PBB
Pengungsi Rohingya asal Myanmar dan imigran lainnya dari Bangladesh menanti di pengungsian di Kuala Langsa, Aceh, Senin (18/5/2015). AFP / ROMEO GACAD

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia mendapat apresiasi dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) atas penanganan pengungsi etnis Rohingya. Pasalnya, hingga kini, Indonesia telah menampung lebih dari 11 ribu pengungsi minoritas asal Myanmar itu.

"Ini mendapatkan apresiasi dari deputi sekjen PBB yang melakukan komunikasi dengan Kemenlu pada hari Minggu sekitar pukul 9.30-10.00 WIB pagi hari," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai mengikuti sidang kabinet di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Retno menjelaskan, meski Indonesia bukan negara yang meratifikasi Konvensi tentang Pengungsi, tapi Indonesia menerima prinsip non-refoulement, dimana pemerintah memberikan shelter atau penampungan atas para pengungsi.

"kita sudah take care (tangani) mereka, baik dalam bentuk penyediaan shelter, papan, pangan, dan obat-obatan yang diperlukan apabila kondisi kesehatan mereka tidak baik," papar dia.

Dalam penyelesaian kasus ini, Indonesia menginisiasi prinsip berbagi tugas dan tanggung jawab antara negara asal, negara transit dan negara yang menjadi tujuan para pengungsi.

"Tentunya kita melibatkan organisasi internasional seperti UNHCR dan IOM untuk membantu kita menyelesaikan isu ini," terang dia.

Untuk itu, pada Rabu 20 Mei esok, Menlu Indonesia, Malaysia dan Thailand, akan bertemu membahas kasus tersebut. Indonesia akan mengemukakan tiga hal demi menyelesaikan konflik yang menimpa etnis minoritas Rohingya itu.

"Besok saya akan lakukan pertemuan dengan Menlu Malaysia dan Menlu Thailand. Antara lain tentunya membahas irregular movement ini. Kita akan kemukakan tiga hal," imbuh dia.



(WIL)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /