Granat Ajak Warga Bentuk Kampung Bebas Narkoba

Eka Hari Wibawa    •    19 Mei 2015 20:00 WIB
narkoba
Granat Ajak Warga Bentuk Kampung Bebas Narkoba
Logo Indonesia Bebas Narkoba, sumber foto: Ant

Metrotvnews.com, Sukoharjo: Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) se-Eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah, mendorong masyarakat membentuk kampung bebas narkoba. Gerakan itu dinilai cukup efektif untuk mencegah berkembangnya peredaran narkoba yang sudah sangat mengkhawatirkan.

"Se-Jawa Tengah, Kota Solo paling tinggi angka peredaran narkobanya, dan memang itu yang terjadi. Jadi bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum saja, tapi juga harus ada peran aktif dari masyarakat," kata Ketua Granat, Lenny Handoko, di Sukoharjo, Selasa (19/5).

Ia mengatakan masyarakat perlu aktif membentuk kampung bebas narkoba. Cara itu, katanya, efektif membendung peredaran narkoba.

Saat ini, ungkap Lenny, peredaran narkoba sudah mencapai tingkat sangat mengkhawatirkan dengan berbagai modus yang sangat beragam. Banyak modus peredaran narkoba misalnya menyembunyikannya dalam bentuk makanan hingga mengorbankan bayi untuk menyelundupkan barang haram ini sampai ke tangan pemakai.

"Itu baru kasus yang terungkap, sedangkan yang tidak terungkap sebenarnya masih banyak, soalnya ada dari pihak keluarga korban narkoba yang enggan melapor, sehingga tidak bisa dilakukan upaya rehabilitasi," pungkas Lenny.


(RRN)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /