Erri, Korban Pertama Kasus Terpeleset di Gunung Merapi

Pythag Kurniati    •    19 Mei 2015 21:11 WIB
gunung merapi
Erri, Korban Pertama Kasus Terpeleset di Gunung Merapi
Keluarga berduka saat jenazah Erri Yunanto tiba di rumah, Selasa (19/5/2015). Foto: Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Boyolali: Kecelakaan yang dialami pendaki Erri Yunanto merupakan kasus pertama yang terjadi di Gunung Merapi. Alhasil, tim SAR harus meraba-raba bagaimana cara paling efektif untuk mengevakuasinya.

"Kasus pendaki yang terperosok ke kawah ini dalam catatan kami memang yang pertama kalinya. Maka diperlukan teknik evakuasi yang benar-benar matang," kata selaku Kepala Kantor Basarnas Semarang,  Agus H, di Boyolali, Selasa (19/5/2015).

Bagas Setiawan, 29, salah seorang evakuator, mengatakan sudah ke tiga kalinya masuk ke dalam kawah. Pria yang dijuluki 'Lahar' atas keberaniannya ini bercerita mengenai evakuasi korban.

"Saya berlatih masuk ke kawah dan berpikir suatu saat mungkin akan ada kasus di mana saya harus menyelamatkan seseorang di dalam kawah. Tak disangka itu benar-benar terjadi," jelasnya.

Setelah kasus Erri, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merapi akan lebih ketat memperingatkan pendaki untuk tidak mendaki sampai ke puncak Garuda.

Terpelesetnya Erri dari puncak Garuda diduga akibat kehilangan pijakan saat hendak turun,. "Puncak Garuda itu tinggi, runcing, licin, dan sangat berbahaya. Maka, seharusnya para pendaki tidak memanjat ke sana," ujar Agus.

Erri meninggal setelah dirinya jatuh ke kawah di bawah Puncak Garuda Gunung Merapi tiga hari lalu. Ia terperosok lantaran batu yang dirinya pijak retak sehingga mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu jatuh ke kawah.
 


(UWA)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /