Kesibukan Baru Marty Natalegawa, Bertugas untuk PBB

Fajar Nugraha    •    20 Mei 2015 11:06 WIB
marty natalegawa
Kesibukan Baru Marty Natalegawa, Bertugas untuk PBB
Mantan Menlu RI Marty Natalegawa (tengah) (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lama tak terdengar kabar usai tidak lagi menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa memiliki kesibukan lain. Menjadi anggota panel Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) salah satunya.
 
Menurut Marty, setelah 30 tahun berkecimpung di Kementerian Luar Negeri dirinya akhirnya pensiun. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Inggris itu pensiun dini, atau keluar dari Kemenlu kurang lebih 8-9 tahun dari waktu seharusnya.
 
"Sekarang waktunya menoleh karir yang baru dan karena memang ini (bekerja di PBB) menjadi pilihan bagi saya. Sejak awal ini saya yang rencanakan saat ini ada beberapa tugas di PBB, ya mungkin tempat-tempat lain juga," ujar Marty, saat ditemui di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (19/5/2015).
 
Bagi Marty, setiap orang bisa berkontribusi untuk masyarakat dengan cara lain. Sementara tugasnya sendiri 
ada di dalam kerangka UN Secretary General High Level Panel on Global Response to Health Crisis.
 
"Di PBB di high level panel, bersama Presiden Tanzania, Presiden Switzerland, mantan Menlu Brasil menyusun rekomendasi kepada Sekjen PBB, yang harus diserahkan pada akhir tahun ini," lanjutnya. 
 
"Panel ini membahas tentang bagaimana dunia bisa menanggapi seandainya terjadi kembali krisis kesehatan, seperti halnya Ebola kemarin. Jadi, pencegahan, deteksi dini dan responsnya, itu intinya dan itu harus selesai akhir tahun," imbuh mantan Kepala Perwakilan Tetap Indonesia di PBB itu.
 
Ketika ditanya apakah dirinya nanti akan mengunjungi negara yang terkena Ebola, Marty membenarkan hal tersebut. Namun kunjungan itu belum dilakukan dan pembahasan baru di lakukan di markas PBB di New York.



(FJR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /