Berantas Prostitusi

Mensos Usulkan Wajah Pengguna Jasa Prostitusi Dipublis ke Medsos

LB Ciputri Hutabarat    •    20 Mei 2015 11:19 WIB
prostitusi online
Mensos Usulkan Wajah Pengguna Jasa Prostitusi Dipublis ke Medsos
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Malang: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ingin Indonesia meniru cara kerja pemerintah Swedia dalam menangani kasus prostitusi. Khofifah menuturkan, Swedia mampu memberantas prostitusi karena adanya kesetaraan perlakuan bagi pelaku prostitusi.

"Ada pelajaran baik dari Swedia, yaitu ada kesetaran perlakuan kepada customer kena hukum, penyedia jasa seks komersilnya kena hukum dan mucikarinya. Jadi di sana sama-sama dapat punishment," kata Menteri Khofifah di Area Bumi Perkemahan Coban Rondo, Malang, Selasa (19/5/2015) malam.

Khofifah menambahkan, pemberantasan prostitusi di Swedia efektif karena pemerintahnya menggunakan sanksi sosial yang membuat jera pelanggan jasa prostitusi.

"Bahkan customer di sana kalau sudah diketahui, mereka tidak hanya didenda dan dipenjara, tapi juga wajahnya bisa dipublis di berbagai sosial media (medsos). Itu sosial punishment yang saya rasa efektif," jelasnya.

Terkait prostitusi online, sambung Khofifah, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masyarakat menahan diri dari godaan yang ada. Sebab, ada faktor-faktor lain yang menyebabkan praktik prostitusi terus berlanjut.

"Situs porno itu ibaratnya pukul 10.00 WIB ditutup pukul 11.00 WIB muncul, ditutup lagi pukul 12.00 WIB ada lagi pukul 13.00 WIB. Artinya self control itu penting. Kedua life style hedonistik dan budaya permisif yang sering memberikan toleransi secara longgar termasuk juga ada juga persoalan iman," ungkap Khofifah.

Menanggulangi kasus ini, Kemensos sudah menyiapkan beberapa program. Program ini ditujukan untuk Pekerja Seks Komersil (PSK) yang terpaksa bekerja karena faktor ekonomi.

"Kemensos punya program lebih kepada PSK mid-low society. Makanya, kami siapkan Panti Sosial Karya Wanita (PSKW). Di PSKW mereka diberikan bekal vocational trainning. Dan dapat uang Rp3 juta juga kalau pulang, tapi kalau prostitusi online 3 jam Rp200 juta? Inikan life style," pungkasnya.


(YDH)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /