BKPM Jaring Minat Investor di Manado

Angga Bratadharma    •    20 Mei 2015 11:51 WIB
bkpm
BKPM Jaring Minat Investor di Manado
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Manado: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan beberapa investor asing nampak serius menjajaki beberapa peluang investasi di daerah khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah. 

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Himawan Hariyoga mengatakan, kehadiran mereka tersebut merupakan bagian dari fact-finding mission untuk mengetahui secara langsung berbagai potensi investasi di daerah sekaligus bertemu dengan sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) di daerah.

"Seperti BPMPTSP dan dinas treat maupun BUMN/BUMD, asosiasi bisnis dan dunia usaha terkait," ujar Himawan, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Himawan menjelaskan, tidak kurang dari enam perusahaan Korea menjajaki peluang investasi di Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Satu perusahaan konsorsium yang terdiri dari empat perusahaan Korea menyampaikan bahwa pihaknya tengah secara serius tengah membidik 20 lokasi di seluruh Indonesia di bidang pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBM) yang masing-masing berkapasitas 10 MW. Diperkirakan total investasi yang akan digelontorkan mencapai sekiitar USD200 juta sampai USD300 juta.

"Dua pengusaha Korea lainnya juga menyampaikan minat berinvestasi di bidang pembangkit listrik. Minat investasi di bidang kelistrikan ini cukup menggembirakan mengingat sektor ini yang termasuk dalam bidang usaha prioritas yang tengah gencar didorong oleh Pemerintah RI dengan program 35.000 mw dalam lima tahun. Listrik juga," tutur Himawan. 

Himawan menambahkan satu perusahaan asing lain dari Jerman yang bergerak di bidang usaha industri pendukung kepelabuhanan (materials handling dan handling system) juga melakukan hal yang sama. Pihaknya tengah menjajaki potensi kerja sama berbentuk joint operation dengan salah satu BUMN terkemuka Indonesia di bidang galangan kapal. 

Selain itu, pengusaha Taiwan yang diwakili oleh salah satu lembaga pengembangan ekonomi yang berpengaruh juga melakukan penjajakan investasi dengan daerah peserta, termasuk di dalamnya sektor kemaritiman dan pariwisata. 


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /