Hilang Berhari-hari, Kapal Pengungsi Rohingnya Muncul di Aceh

Willy Haryono    •    20 Mei 2015 13:49 WIB
rohingya
Hilang Berhari-hari, Kapal Pengungsi Rohingnya Muncul di Aceh
Ratusan pengungsi Rohingya diselamatkan sejumlah nelayan di Aceh, Rabu (20/5/2015). AFP / JANUAR

Metrotvnews.com, Kuala Langsa: Sebuah kapal pengungsi yang ditemukan di pesisir Aceh, Rabu (20/5/2015), rupanya adalah angkutan yang dinyatakan hilang selama lebih dari tiga hari lalu setelah sempat terlihat di Thailand. 

Ratusan pria, wanita dan anak-anak yang menaiki sebuah kapal meminta tolong pekan lalu. Otoritas Thailand menolak kapal tersebut, bersikukuh ratusan pengungsi itu sebenarnya ingin mendarat di Malaysia. 

Kekhawatiran atas nasib mereka dipicu hilangnya kontak dengan kapal sejak Sabtu malam. Pagi tadi, nelayan Aceh menyelamatkan lebih dari 400 pengungsi di kapal tersebut.

Jurnalis AFP menaiki kapal yang baru berlabuh itu, dan mengonfirmasi itu adalah angkutan yang dinyatakan hilang sejak tiga hari kemarin. 

Chris Lewa dari Arakan Project, yang memonitor perjalanan pengungsi sepanjang Teluk Bengal, juga mengonfirmasi kapal tersebut. "Tim peneliti kami di Aceh mengonfirmasi itu adalah perahu yang sama," tutur dia.

"Mereka benar-benar kelelahan. Dia (peneliti) berbicara dengan dua pengungsi. Mereka mengaku sudah diusir dari perairan Thailand sebanyak tiga kali," sambung Lewa.

"Namun mereka menyebut perilaku tak menyenangkan datang dari otoritas Malaysia. Petugas di Malaysia bahkan menodongkan senjata dan mengancam menembakkannya ke kapal jika para pengungsi datang lagi," tambahnya. 


(WIL)

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal
Bursa Transfer Pemain

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal

1 hour Ago

Dalam kesepakatan transfer itu, Bacca dipinjamkan selama semusim penuh. Villarreal menebus 2,5 …

BERITA LAINNYA
Video /