AS Siap Bantu Negara yang Beri Penampungan untuk Pengungsi Rohingya

Fajar Nugraha    •    20 Mei 2015 17:32 WIB
rohingya
AS Siap Bantu Negara yang Beri Penampungan untuk Pengungsi Rohingya
Wamenlu AS Anthony J Blinken (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony J Blinken, mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang menerima pengungsi Rohingya. Pihaknya pun menyatakan siap memberikan bantuan.

"Kami mengapreasi kemurahan hati Indonesia dalam menerima pengungsi dan membawa para pengungsi dari laut ke daratan, meskipun adanya beban yang dihadapi," ujar Wamenlu Blinken, di Pacific Place, Jakarta, Rabu (20/5/2015). 

"Kami sangat mengapresiasi kemurahan hati dan kepemimpinan indonesia. Tetapi masih banyak lagi pengungsi yang masih terdampar di laut," lanjutnya.

Menurutnya AS dan Indonesia serta negara di seluruh kawasan untuk menjawab panggilan darurat dari kapal pengungsi.

"Kami memperhatikan masalah ini dengan penuh perhatian. Kami siap untuk membantu negara (yang memberikan penampungan) meringankan bebannya. Tentunya menyelamatkan nyawa menjadi tujuan utama," imbuh Blinken.

Menurut Blinken, jika ingin menjawab masalahnya. Asia Tenggara harus mengambil langkah mengatasi akar permasalahan. Antara lain mencari tahu apa yang mendorong orang-orang ini membahayakan nyawanya sendiri dengan pergi ke laut. Solusi jangka panjang menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

Meskipun bukan negara yang meratifikasi perjanjian Konvensi Tentang Pengungsi, namun Indonesia menerima prinsip non-refoulement atau praktik tidak memaksa pengungsi atau pencari suaka untuk kembali ke negara di mana mereka bertanggung jawab untuk sasaran penganiayaan.

Hingga kini total sekitar 1.300 pengungsi Rohingya dan Bangladesh yang saat ini diselamatkan oleh Indonesia. Rabu (20/5/2015) pagi ini, sekitar 500 pengungsi lagi berhasil diselamatkan oleh nelayan di Aceh dan kini dibawa ke Kota Kuta Binje.
 


(FJR)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /