Tiongkok Beri Preseden Buruk Terkait Laut China Selatan

Fajar Nugraha    •    20 Mei 2015 18:15 WIB
laut china selatan
Tiongkok Beri Preseden Buruk Terkait Laut China Selatan
Protes klaim Laut China Selatan yang dilakukan Filipina (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konflik Laut China Selatan mempengaruhi hubungan Tiongkok dan beberapa negara pengklaim dari ASEAN. Wakil Menlu Amerika Serikat (AS) Anthony J Blinken melihat sikap Tiongkok bisa beri preseden buruk.

Wamenlu Blinken menyoroti bahwa Tiongkok tengah melakukan proyek reklamasi skala besar dan klaim teritorialnya jauh melebihi yang diakui hukum internasional. Ini membahayakan kestabilan dan keamanan dunia yang coba dilindungi oleh dunia.

"Di saat Tiongkok memperkuat daratan kedaulatannya dengan menambah pasir dan menggambar kembali batas maritim. Ini menimbulkan ketidakpercayaan dan mengancam kepercayaan investor serta mengancam entitas keamanan yang disebabkan oleh tingkahnya," ujar Wamenlu Blinken, di Pacific Place, Jakarta, Rabu (20/5/2015).  .

"Perilaku Tiongkok membentuk preseden baru di mana negara besar bebas untuk menekan negara yang lebih kecil. Itu menimbulkan ketegangan dan ketidakstabilan," lanjutnya.

Blinken menegaskan setiap negara harus mengatasi klaim berulang dari darat, karang dan batasan secara diplomatik dan damai, serta konsisten dengan aturan yang berlaku.

"Kami konsisten mendorong setiap pihak pengklaim untuk mengklarifikasi ulang klaim mereka sesuai dengan hukum internasional yang berlaku. Termasuk klaim sembilan garis Tiongkok," lanjutnya.

AS menurut Blinken tidak mendukung pihak manapun. Namun Negeri Paman Sam menolak tindakan yang didasarkan atas intimidasi, kekerasan.

Blinken tetap mendukung kebebasan navigasi, kebebasan melintas dan memiliki hak yang sama. Mereka terus mendesak seluruh pengklaim untuk menahan diri, menghindari tindakan yang bisa mempersulit atau menimbulkan ekskalasi konflik.

"Ini yang kami harapkan dari deklarasi yang disepakati Tiongkok dengan beberapa negara Asia Tenggara. Kami akan selalu mendesak para pengklaim untuk menyelesaikan masalah dengan hukum yang berlaku," tegasnya.


(FJR)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /